Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Pabrik, Produsen Otomotif di India Bersatu Tangani Covid-19

Kompas.com - 12/05/2021, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir April 2021, Honda dan beberapa pabrikan lainnya sudah memutuskan untuk menghentikan produksi di India. Belum lama ini, Yamaha juga akhirnya mengambil langkah yang sama.

Dikutip dari Rideapart.com, Rabu (12/5/2021), Yamaha menghentikan produksi di dua pabriknya di India. Alasannya adalah terjadinya krisis oksigen karena kasus Covid-19.

Baca juga: Krisis Oksigen karena Pandemi, Produsen Otomotif di India Tutup Pabrik

Penggunaan oksigen yang dibutuhkan dalam proses produksi diminta untuk dialihkan ke rumah sakit guna membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan.

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

Yamaha menutup pabriknya hingga akhir Mei 2021. Langkah ini diambil juga untuk menghindari penumpukan stok di diler. Sebab, banyak juga diler yang tidak beroperasi.

Penutupan pabrik juga menjadi bentuk dukungan untuk mengatasi masalah Covid-19 di India. Hero MotoCorp dan Honda bahkan membangun rumah sakit sementara untuk menangani pasien yang kesulitan mendapat fasilitas kesehatan.

Baca juga: Tsunami Covid-19 di India, Bagaimana Nasib Impor Suzuki dan Kia

Suzuki turut memberikan dukungan dengan mendonasikan ambulans. Beberapa sudah digunakan dan sebagian lainnya diperkirakan akan tiba di rumah sakit pada pertengahan Mei.

Pada 11 Mei 2021, Kementerian Kesehatan di India mencatat ada 366,161 kasus baru Covid-19 dan 3.754 kematian dalam satu hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com