Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah Gurah Mesin pada Mobil

Kompas.com - 09/05/2021, 16:21 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering ditemui di bengkel umum ada yang menawarkan fasilitas "gurah mesin" untuk mobil dengan bahan bakar bensin. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang istilah tersebut.

Gurah Mesin merupakan istilah yang digunakan oleh bengkel mobil umum untuk menyebut preses pembersihan kerak karbon (Carbon Cleaner Engine) untuk mobil dengan bahan bakar bensin.

Ini merupakan proses pembersihan ruang bakar mesin dari kotoran karbon dan endapan kotoran lainnya.

Baca juga: Bahas Kabin Toyota Innova Langka yang Cuma 50 Unit di Dunia

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa penyebab timbulnya endapan kerak karbon pada mesin mobil yang membuat performa mesin menurun dan bisa dikatakan knocking atau mesin mengelitik.

Kondisi kepala silinder rusakfsae.com Kondisi kepala silinder rusak

"Kerak karbon itu biasanya muncul akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang telah direkomendasikan. Misalnya kendaraan yang harusnya menggunakan oktan 92 sering mengunakan bahan bakar dengan oktan lebih rendah," kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (9/5/2021).

Baca juga: PO Rosalia Indah Tambah Bus Tingkat Saat Larangan Mudik 2021

Selain penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang dianjurkan, penumpukan kerak karbon juga bisa disebabkan karena setingan pengapian yang tidak pas.

Cara kerja dari gurah mesin yakni dengan menggunakan cairan kimia khusus dan pembersih karbon yang dimasukkan ke dalam mesin melalui saluran oli.

Selanjutnya cairan akan diputar bersama oli mesin untuk merontokkan kerak yang ada di mesin. Kemudian dikuras kembali sehingga kotoran ikut keluar.

Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil (Shutterstock/r.classen) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil

Dalam proses pengurasan atau pembersihan, harus dipastikan cairan kimia dan kerak karbon keluar semua dan mesin dalam keadaan bersih.

Baca juga: Berpapasan dengan Mobil Lain di Tanjakan, Mana yang Harus Didahului?

"Sisa cairan kimia itu takutnya tidak terbakar, sehingga nanti akan menimbulkan efek seperti water hammer karena tidak bisa terbakar dan tidak bisa dikompresi. Hal itu bisa mengakibatkan piston jadi bengkok," ucap Didi.

Disarankan untuk memilih bengkel yang sudah terpercaya untuk melakukan pembersihan kerak karbon. Pemilihan cairan kimia yang digunakan juga harus dengan kualitas yang bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com