Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2021, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi meluncurkan Rocky untuk pasar Indonesia, Jumat (20/4/2021). Selain varian standar, Rocky juga hadir dalam versi yang dilengkapi fitur keselamatan pintar dalam teknologi Smart Assist.

Teknologi tersebut dinamakan Advanced Safety Assist (ASA), yang sama dengan yang digunakan beberapa mobil Daihatsu di Malaysia.

Perangkat keselamatan aktif ini, pada umumnya mirip dengan digunakan mobil-mobil menengah ke atas bahkan premium, karena dalam satu teknologi terdapat beberapa fitur yang bekerja layaknya asisten guna mengurangi risiko kecelakaan.

Mulai dari Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: Mesin Turbo dan CVT, Ini Spesifikasi Resmi Daihatsu Rocky di Indonesia

Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA)Screecshoot ADM Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA)

Lantas apa saja fungsi atau kegunaan dari masing-masing fitur tersebut ? kita coba bahas satu-persatu.

Pre Collision Warning and Braking

Fitur ini memiliki peran layaknya asisten yang mengingatkan pengendara ketika ada mobil di depan namun pengemudi tak mengurangi kecepatan. Bahkan sampai mengambil alih pengereman bila memang kondisinya cukup darurat.

Untuk memperingatkan pengemudi, ASA akan memberikan sinyal berupa suara yang juga disertai indikator yang menyala. Fitur ini pun mulai bekerja sejak kecepatan rendah sampai 120 kpj.

Daihatsu Pre-collision Warning and BrakingScreecshoot ADM Daihatsu Pre-collision Warning and Braking

Saat jarak antara mobil semakin dekat, dan sistem membaca tak ada tindakan atau tanda-tanda pengereman yang dilakukan pengendara, secara otomatis rem akan dioperasikan hingga mobil berhenti sebelum terjadi tabrakan.

Front Departure Alert

Fitur yang satu ini berguna untuk memperingatkan pengemudi megenai kondisi di depan, terutama saat sedang berada di lampu merah.

Jadi, saat mobil di depannya telah beranjak dari tempatnya saat kemacetan atau lampu merah, namun pengendara masih tak ada gerakan, fitur tersebut akan memberikan informasi.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Hanya Sementara, Bakal Naik di Juni 2021

Daihatsu Front Departure Alert ASAScreecshoot ADM Daihatsu Front Departure Alert ASA

Misal, ketika sedang di lampu merah, pengendara Rocky sedang asik mengecek smartphone, dan saat lampu sudah berganti hijau, mobil di depan sudah bergerak, makan fitur ini akan memberikan sinyal berupa suara.

Pedal Misoperation Control

Nah, ini salah satu fitur yang buat redaksi sendiri cukup penting untuk dimiliki. Fitur ini berguna untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lantaran pengendara salah menginjak pedal saat melakukan parkir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com