Bedah Fitur Pintar Rocky yang Bikin Daihatsu di Indonesia Naik Kelas

Kompas.com - 01/05/2021, 07:42 WIB
Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya resmi meluncurkan Rocky untuk pasar Indonesia, Jumat (20/4/2021). Selain varian standar, Rocky juga hadir dalam versi yang dilengkapi fitur keselamatan pintar dalam teknologi Smart Assist.

Teknologi tersebut dinamakan Advanced Safety Assist (ASA), yang sama dengan yang digunakan beberapa mobil Daihatsu di Malaysia.

Perangkat keselamatan aktif ini, pada umumnya mirip dengan digunakan mobil-mobil menengah ke atas bahkan premium, karena dalam satu teknologi terdapat beberapa fitur yang bekerja layaknya asisten guna mengurangi risiko kecelakaan.

Mulai dari Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: Mesin Turbo dan CVT, Ini Spesifikasi Resmi Daihatsu Rocky di Indonesia

Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA)Screecshoot ADM Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas apa saja fungsi atau kegunaan dari masing-masing fitur tersebut ? kita coba bahas satu-persatu.

Pre Collision Warning and Braking

Fitur ini memiliki peran layaknya asisten yang mengingatkan pengendara ketika ada mobil di depan namun pengemudi tak mengurangi kecepatan. Bahkan sampai mengambil alih pengereman bila memang kondisinya cukup darurat.

Untuk memperingatkan pengemudi, ASA akan memberikan sinyal berupa suara yang juga disertai indikator yang menyala. Fitur ini pun mulai bekerja sejak kecepatan rendah sampai 120 kpj.

Daihatsu Pre-collision Warning and BrakingScreecshoot ADM Daihatsu Pre-collision Warning and Braking

Saat jarak antara mobil semakin dekat, dan sistem membaca tak ada tindakan atau tanda-tanda pengereman yang dilakukan pengendara, secara otomatis rem akan dioperasikan hingga mobil berhenti sebelum terjadi tabrakan.

Front Departure Alert

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X