Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Toyota Belum Luncurkan Raize Bermesin 1.200 cc

Kompas.com - 01/05/2021, 04:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Raize buat konsumen Indonesia. Namun pada tahap awal, rupanya hanya varian 1.0 liter turbo saja yang tersedia di pasaran.

Padahal dalam data NJKB di Permendagri Nomor 1 Tahun 2021, tertulis informasi kalau Raize akan tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.000 cc turbo dan 1.200 N/A.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, memastikan varian 1.2 liter bakal meluncur juga di tahun ini atau sekitar semester dua 2021.

Baca juga: Polisi Pastikan Penyekatan Mudik di Jawa Timur Sudah Siap

Tampilan ruang mesin Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan ruang mesin Toyota Raize

“Jadi memang dari awal kami merencanakan untuk fokus di 1.0L dulu. Ini adalah bagian dari perencanaan kami bahwa 1.2L adalah setelahnya,” ujar Anton, dalam konferensi virtual (30/4/2021).

“Raize ini perkiraan kami main volume-nya akan masuk di 1.0L Turbo. Itu alasan mengapa yang 1.0L Turbo kami tampilkan terlebih dahulu,” kata dia.

Ia beralasan, sejumlah model Toyota yang memiliki pilihan mesin berbeda umumnya juga tak dikenalkan bersamaan.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Hanya Sementara, Bakal Naik di Juni 2021

Toyota Raize resmi meluncur April 2021.Dok. Toyota Toyota Raize resmi meluncur April 2021.

Misalnya Avanza yang awal kemunculannya didahului tipe 1.3L, lalu kemudian hadir varian 1.5L.

Termasuk juga Agya yang saat pertama meluncur hanya tersedia dalam varian 1.0L, dan selang beberapa tahun hadir tipe 1.2L.

“Sebenarnya dari dulu kami juga pernah meluncurkan varian secara terpisah waktunya dengan launching, itu memang bagian dari strategi Toyota, intinya seperti itu,” ucap Anton.

Baca juga: Harga Motor Listrik Gesits di Solo Diskon Rp 1,5 Juta

 

Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Raize

Bicara soal dapur pacu, mesin 1.200 cc Raize bakal unik. Sebab mesin baru ini mengusung konfigurasi 3-silinder, yang berbeda dengan kepunyaan Calya maupun Agya.

Dari bocoran yang beredar, mesin 1.200 cc Raize berkode WA-VE berkapasitas 1.198 cc yang menghasilkan tenaga 88 ps atau setara 86 tk dan torsi 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Sedangkan mesin Calya dan Agya, yaitu 3NR-VE 4-silinder berkubikasi 1.197 cc bertenaga 86,7 ps atau setara 84,7 ps, serta punya torsi maksimal 108 Nm pada 4.200 rpm.

Perbedaan berlanjut pada sektor transmisi, di mana Raize mengusung pilihan manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Adapun Calya dan Agya, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com