Kenapa Toyota Belum Luncurkan Raize Bermesin 1.200 cc

Kompas.com - 01/05/2021, 04:02 WIB
Toyota Raize Dok. ToyotaToyota Raize

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Raize buat konsumen Indonesia. Namun pada tahap awal, rupanya hanya varian 1.0 liter turbo saja yang tersedia di pasaran.

Padahal dalam data NJKB di Permendagri Nomor 1 Tahun 2021, tertulis informasi kalau Raize akan tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.000 cc turbo dan 1.200 N/A.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, memastikan varian 1.2 liter bakal meluncur juga di tahun ini atau sekitar semester dua 2021.

Baca juga: Polisi Pastikan Penyekatan Mudik di Jawa Timur Sudah Siap

Tampilan ruang mesin Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan ruang mesin Toyota Raize

“Jadi memang dari awal kami merencanakan untuk fokus di 1.0L dulu. Ini adalah bagian dari perencanaan kami bahwa 1.2L adalah setelahnya,” ujar Anton, dalam konferensi virtual (30/4/2021).

“Raize ini perkiraan kami main volume-nya akan masuk di 1.0L Turbo. Itu alasan mengapa yang 1.0L Turbo kami tampilkan terlebih dahulu,” kata dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia beralasan, sejumlah model Toyota yang memiliki pilihan mesin berbeda umumnya juga tak dikenalkan bersamaan.

Baca juga: Harga Daihatsu Rocky Hanya Sementara, Bakal Naik di Juni 2021

Toyota Raize resmi meluncur April 2021.Dok. Toyota Toyota Raize resmi meluncur April 2021.

Misalnya Avanza yang awal kemunculannya didahului tipe 1.3L, lalu kemudian hadir varian 1.5L.

Termasuk juga Agya yang saat pertama meluncur hanya tersedia dalam varian 1.0L, dan selang beberapa tahun hadir tipe 1.2L.

“Sebenarnya dari dulu kami juga pernah meluncurkan varian secara terpisah waktunya dengan launching, itu memang bagian dari strategi Toyota, intinya seperti itu,” ucap Anton.

Baca juga: Harga Motor Listrik Gesits di Solo Diskon Rp 1,5 Juta

 

Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Raize

Bicara soal dapur pacu, mesin 1.200 cc Raize bakal unik. Sebab mesin baru ini mengusung konfigurasi 3-silinder, yang berbeda dengan kepunyaan Calya maupun Agya.

Dari bocoran yang beredar, mesin 1.200 cc Raize berkode WA-VE berkapasitas 1.198 cc yang menghasilkan tenaga 88 ps atau setara 86 tk dan torsi 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Sedangkan mesin Calya dan Agya, yaitu 3NR-VE 4-silinder berkubikasi 1.197 cc bertenaga 86,7 ps atau setara 84,7 ps, serta punya torsi maksimal 108 Nm pada 4.200 rpm.

Perbedaan berlanjut pada sektor transmisi, di mana Raize mengusung pilihan manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Adapun Calya dan Agya, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X