Kompas.com - 30/04/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat tsunami Covid-19 yang kembali melanda India dengan gelombang lebih besar, Maruti Suzuki resmi mengumumkan untuk menutup sementara pabrik perakitannya mulai dari 1-9 Mei 2021.

Langkah penutupan pabrik dilakukan sebagai upaya Maruti Suzuki dalam membantu pemerintah India dengan memberikan oksigen di pabrik untuk kebutuhan medis.

"Sebagaian dari proses produksi mobil di Maruti Suzuki menggunakan sedikit oksigen di pabriknya, sementara jumlah yang relatif jauh lebih besar digunakan oleh produsen komponen," tulis keterangan resmi Maruti Suzuki yang disitat dari Marutisuzuki.com, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Honda Tebar Sinyal Mobil Baru, World Premiere Pekan Depan

Seorang pasien Covid-19 bernapas dengan bantuan masker oksigen dan menunggu di dalam becak mobil untuk dirawat di rumah sakit pemerintah khusus Covid-19 di Ahmedabad, India.AP PHOTO/AJIT SOLANKI Seorang pasien Covid-19 bernapas dengan bantuan masker oksigen dan menunggu di dalam becak mobil untuk dirawat di rumah sakit pemerintah khusus Covid-19 di Ahmedabad, India.

"Dalam situasi saat ini, kami percaya bahwa semua oksigen yang tersedia harus digunakan untuk menyelamatkan nyawa," lanjut Maruti.

Karena alasan tersebut, Maruti akhirnya menutup semua pabriknya untuk sementara. Jadwal tersebut juga lebih cepat dari yang semula direncanakan untuk pemeliharan pada Juni mendatang.

Langkah penutupan pabrik tersebut juga diikuti oleh Suzuki Motor Gujarat, yang mana menjadi lokasi untuk memproduksi SUV legendarisnya, yakni Jimny.

Baca juga: Kata Menperin, Rocky dan Raize Bukti Komitmen Industri Otomotif

Maruti Suzuki resmi memulai ekspor perdana Jimny buatan India ke pasar Amerika LatinMaruti Suzuki India Limited (SMIL) Maruti Suzuki resmi memulai ekspor perdana Jimny buatan India ke pasar Amerika Latin

Berdasarkan kabar terakhir, Kamis (29/4/2021), tercatat sudah 3.645 korban meninggal akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Selain itu dikabarkan juga India mencatat hampir 380.000 kasus Covid-19 yang memecahkan rekor dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.