Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketuaan, Alasan KTM Tidak Tertarik Gaet Andrea Dovizioso

Kompas.com - 28/04/2021, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso cabut dari MotoGP karena tidak mendapat tim yang mau menampungnya. Sebab, hampir semua tim saat itu sudah terikat kontrak dengan pebalapnya.

Padahal, Dovi tak diragukan lagi sangat kompetitif. Beberapa kali dirinya menyelesaikan musim balap dengan peringkat kedua di klasemen.

Baca juga: Konsesi Dicabut, KTM Mulai Fokus Memperkuat Daya Tahan Mesin

Meski demikian, ada satu pabrikan yang tak tertarik untuk menggandengan pebalap asal Italia tersebut, yakni KTM. Pabrikan asal Austria ini lebuh percaya dengan proyeknya dalam mengembangkan pebalap muda.

Andrea Dovizioso jajal Aprilia RS-GPFoto: Tuttomotoriweb.it Andrea Dovizioso jajal Aprilia RS-GP

Dikutip dari Speedweek.com, Rabu (28/4/2021), KTM Motorsport Director Pit Beirer sudah beberapa kali merekomendasikan Iker Lecuona kembali ke Moto2 dan menggaet Dovi.

Namun, CEO KTM Stefan Pierer menganggap bayaran yang diajukan Dovi terlalu tinggi. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, Dovi juga sudah tidak masuk pertimbangan dari KTM Factory Racing untuk 2021.

"Topik mengenai Dovizioso tidak menjadi pemikiran kami saat ini. Dia akan tetap menjadi teman, tapi kami tidak akan menegosiasikan penjanjian MotoGP dengannya," ujar Beirer.

Baca juga: Bos KTM Berharap Tensi Pebalap Bisa Tingkatkan Prestasi

Beirer mengatakan, pergantian generasi sedang terjadi di kelas MotoGP. Jadi, harus memikirkan mengenai ke mana arah masa depan dan siapa pebalap muda berbakat yang ada di paddock.

"Dalam konteks ini, Dovi bukan lagi menjadi orang yang tepat di usianya yang ke-35. Di dalam proyek muda seperti kami, Anda harus mencoba menjadi sukses dengan pebalap muda. Sistem ini sudah terbukti sangat baik dengan sendirinya melalui Brad Bindee dan Miguel Oliveira," kata Beirer.

Beirer menambahkan, KTM memiliki tugas di kejuaraan balap MotoGP. KTM melatih pebalap muda di akademinya, serta di timnya Aki Ajo dan Herve Poncharal.

KTM RC16 2021Foto: KTM KTM RC16 2021

"Ini adalah tema dan pesan yang jelas bagi kami. Kami pasti akan mencoba merekrut pebalap MotoGP berikutnya dari dalam jajaran kami sendiri di KTM saat mereka siap," ujar Beirer.

Di sepanjang musim 2021 ini, KTM akan memutuskan pebalap Moto2 mana yang selanjutnya akan naik ke kelas MotoGP. Pilihannya antara Remy Gardner yang saat ini memimpin klasemen sementara atau Raul Fernandez yang duduk di peringkat kedua.

Sementara Dovi, saat ini diajak Aprilia untuk membantu mengembangkan RS-GP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com