Ketuaan, Alasan KTM Tidak Tertarik Gaet Andrea Dovizioso

Kompas.com - 28/04/2021, 14:41 WIB
Andrea Dovizioso jajal Aprilia RS-GP Foto: Tuttomotoriweb.itAndrea Dovizioso jajal Aprilia RS-GP

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso cabut dari MotoGP karena tidak mendapat tim yang mau menampungnya. Sebab, hampir semua tim saat itu sudah terikat kontrak dengan pebalapnya.

Padahal, Dovi tak diragukan lagi sangat kompetitif. Beberapa kali dirinya menyelesaikan musim balap dengan peringkat kedua di klasemen.

Baca juga: Konsesi Dicabut, KTM Mulai Fokus Memperkuat Daya Tahan Mesin

Meski demikian, ada satu pabrikan yang tak tertarik untuk menggandengan pebalap asal Italia tersebut, yakni KTM. Pabrikan asal Austria ini lebuh percaya dengan proyeknya dalam mengembangkan pebalap muda.

Andrea Dovizioso jajal Aprilia RS-GPFoto: Tuttomotoriweb.it Andrea Dovizioso jajal Aprilia RS-GP

Dikutip dari Speedweek.com, Rabu (28/4/2021), KTM Motorsport Director Pit Beirer sudah beberapa kali merekomendasikan Iker Lecuona kembali ke Moto2 dan menggaet Dovi.

Namun, CEO KTM Stefan Pierer menganggap bayaran yang diajukan Dovi terlalu tinggi. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, Dovi juga sudah tidak masuk pertimbangan dari KTM Factory Racing untuk 2021.

"Topik mengenai Dovizioso tidak menjadi pemikiran kami saat ini. Dia akan tetap menjadi teman, tapi kami tidak akan menegosiasikan penjanjian MotoGP dengannya," ujar Beirer.

Baca juga: Bos KTM Berharap Tensi Pebalap Bisa Tingkatkan Prestasi

Beirer mengatakan, pergantian generasi sedang terjadi di kelas MotoGP. Jadi, harus memikirkan mengenai ke mana arah masa depan dan siapa pebalap muda berbakat yang ada di paddock.

"Dalam konteks ini, Dovi bukan lagi menjadi orang yang tepat di usianya yang ke-35. Di dalam proyek muda seperti kami, Anda harus mencoba menjadi sukses dengan pebalap muda. Sistem ini sudah terbukti sangat baik dengan sendirinya melalui Brad Bindee dan Miguel Oliveira," kata Beirer.

Beirer menambahkan, KTM memiliki tugas di kejuaraan balap MotoGP. KTM melatih pebalap muda di akademinya, serta di timnya Aki Ajo dan Herve Poncharal.

KTM RC16 2021Foto: KTM KTM RC16 2021

"Ini adalah tema dan pesan yang jelas bagi kami. Kami pasti akan mencoba merekrut pebalap MotoGP berikutnya dari dalam jajaran kami sendiri di KTM saat mereka siap," ujar Beirer.

Di sepanjang musim 2021 ini, KTM akan memutuskan pebalap Moto2 mana yang selanjutnya akan naik ke kelas MotoGP. Pilihannya antara Remy Gardner yang saat ini memimpin klasemen sementara atau Raul Fernandez yang duduk di peringkat kedua.

Sementara Dovi, saat ini diajak Aprilia untuk membantu mengembangkan RS-GP.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X