Apa Penyebab Rem Blong pada Bus dan Truk yang Berujung Kecelakaan

Kompas.com - 24/04/2021, 09:02 WIB
Brake shoe rem tromol CHAMPIONAUTOPARTS.EUBrake shoe rem tromol

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus rem blong yang dialami bus dan truk di Indonesia, masih menjadi momok menakutkan karena biasanya berujung pada kecelakaan. Penyebab rem blong alasan utamanya, karena kampas rem yang overheat.

Tapi, ada 20 persen dari kejadian yang disebabkan karena malfungsi pada sistem pengereman.

Salah satu malfungsi pada rem yang sering menjadi penyebab rem blong adalah gap antara kampas rem dan tromol yang terlalu besar. Dengan gap yang terlalu besar, kadang pengemudi merasa rem jadi kurang pakem.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi Ahmad Wildan mengatakan, gap antara kampas rem dengan tromol idealnya adalah antara 0,3 mm sampai 0,6 mm.

Baca juga: Resmi, Toyota Raize Meluncur 30 April 2021 di Indonesia

Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dengan gap seperti itu, dia akan mampu memberikan gaya pengereman 100 persen. Ketika gap melebar, maka gaya pengereman tersebut akan menurun,” ucap Wildan dalam Webinar Sinergi Pemerintah dan Operator dalam Mewujudkan Angkutan yang Berkeselamatan, belum lama ini.

Wildan menemukan kasus gap yang terlalu besar ini pada kecelakaan di Bawen, gap antara kampas rem dengan tromol jadi 2,6 mm. Artinya, gaya pengereman tinggal tersisa 5 sampai 10 persen saja.

Baca juga: Bus Baru Putra Pelangi, Sasis Tronton dengan Sentuhan Aksen Pink

“Yang dirasakan pengemudi, remnya enggak pakem. Sehingga dia sering megocok rem yang akhirnya membuat angin di tangki udara tekor, pedal rem jadi keras dan terjadi rem blong,” kata Wildan.

Sehingga jika menemukan gap antara kampas rem dengan tromol terlalu besar, sebaiknya disetel kembali. Bahkan bisa juga diganti kampasnya dengan yang baru.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X