Kompas.com - 22/04/2021, 14:01 WIB
Yamaha MX King 150 2021 Foto: YamahaYamaha MX King 150 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa peminat motor bebek atau moped kini punya pasar sendiri di luar Jawa.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community YIMM, mengatakan penjualan motor bebek turun drastis ketimbang awal tahun 2000-an.

Baca juga: Diskon SUV Medium di IIMS Hybrid 2021, Fortuner Diskon Rp 35 Juta

"Segmen motor bebek sudah jauh berkurang dibanding dulu. Tapi peminatnya masih ada terutama di luar kota, di luar pulau Jawa," kata Anton kepada media belum lama ini.

Yamaha MX King 150 2021Foto: Yamaha Yamaha MX King 150 2021

Anton mengatakan, alasan peminat motor bebek mayoritas berada di luar Jawa karena tren dan kebutuhan masyarakat yang masih suka tipe moped.

"Karena memang sesuai dengan tren di tempat mereka dan juga kebutuhan konsumen. Tapi masih ada dan kita masih terus produksi moped," katanya.

Saat ini Yamaha masih memproduksi dan memasarkan motor bebek, beberapa modelnya yaitu Yamaha MX King 150, Jupiter MX 150, Vega Force, dan Jupiter Z1.

Dari beberapa model tersebut, MX King 150 merupakan yang paling banyak diserap pasar. Namun Anton tidak merinci detail angka penjualannya.

Baca juga: Motor Sengaja Masuk Tol, Siap-siap Kena Sanksi Rp 500.000

Yamaha Jupiter Z1Foto: Istimewa Yamaha Jupiter Z1

"Permintaan paling banyak MX King. Memang dominasinya MX King. Mungkin mereka mau naik kelas ya, yang lebih tingg tidak lagi yang 110cc atau 115cc tapi ke 150cc," kata Anton.

Saat ini pasar roda dua Indonesia dikuasai oleh skutik. Mengutip data AISI, sepanjang 2021 (Januari-Februari) skutik menguasai pasar sebesar 85,7 persen.

Di tempat kedua diikuti oleh motor bebek dengan penguasaan pasar 7,4 persen. Sedangkan tipe sport di posisi ketiga sebesar 6,8 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X