Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baran Energy Siapkan Paket Konversi Kendaraan Listrik

Kompas.com - 15/04/2021, 16:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia belakangan ini cukup pesat. Bahkan, banyak yang kreatif untuk membuat kendaraan listrik sendiri.

Kendaraan listrik yang dibuat mulai dari motor listrik hingga mobil listrik. Namun, kebanyakan masih berkutat di motor listrik, karena paling terjangkau.

Baca juga: Ducati Belum Mau Kembangkan Motor Listrik, Pilih Bahan Bakar Sintetis

Pembuatannya juga tidak dari nol. Tapi, hasil konversi dari motor konvensional yang diganti mesinnya dengan motor listrik.

Anubis Cruisercross, motor listrik buatan Baran Energy bergaya adventureKompas.com/Donny Anubis Cruisercross, motor listrik buatan Baran Energy bergaya adventure

Belum lama ini, perusahaan baterai listrik, Baran Energy, sudah berhasil membuat motor listrik Anubis Cruisercross. CEO Baran Energy Victor Wirawan, mengatakan, pihaknya tidak hanya membuat motor listrik saja. Tapi, akan membuat juga paket konversi untuk kendaraan listrik, baik motor atau mobil.

"Untuk paket konversi, kita sudah ada untuk mobil. Kalau motor belum ada, tapi kita ada rencana juga untuk membuatnya," ujar Victor, di sela-sela peluncuran Anubis Cruisercross, di Sirkuit Sentul, Bogor, belum lama ini.

Baca juga: Bengis, Motor Listrik Anubis Cruisercross 0-100 Kpj Tembus 5 Detik

Victor menambahkan, untuk baterai, kapasitasnya nanti bisa disesuaikan. Penyesuaiannya tergantung dari penggunaannya, baik dalam kota atau jarak jauh.

"Jadi, misalkan untuk pakai dalam kota, berarti baterai dan motor listriknya tidak perlu yang besar. Kalau biasa berkendara ke luar kota, berarti baterainya ditambah agar jarak tempuhnya lebih jauh," kata Victor.

Namun, Victor belum mau menjelaskan lebih detail soal paket konversi yang dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com