Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Desain BMW C400X, Skuter Gambot Beraura GS-Series

Kompas.com - 14/04/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad terkenal dengan segmen motor besar tipe sport, touring dan petualang. Tapi BMW juga punya skuter matik, yang juga besar yaitu BMW C400X.

BMW C400X merupakan kembaran BMW C400GT. Perbedaan paling jelas antara keduanya yaitu terletak pada desain eksterior, C400X lebih sporty sedangkan C400GT lebih elegan.

Baca juga: Harga Satria Hiu Bekas Tembus Rp 50 Juta

Tampilan luar C400X mengambil aura dari BMW GS-Series. Dapat dilihat fasia depannya mirip dengan GS-Series terutama di lampu depan berbentuk asimetris dengan garis "Y" horizontal.

 

BMW C400XKOMPAS.com/Gilang BMW C400X

Di bawah lampu depan juga tersemat fender kecil menyerupai paruh bebek. Bentuk ini bisa dikatakan salah satu ciri khas motor adventure yang juga dipakai di jajaran BMW GS.

Di atas lampu depan ada windshield yang tidak terlalu besar dan tidak menempel bodi, proporsinya pas dengan desain keseluruhan. Sayang pelindung angin ini tidak bisa disetel naik turun.

Ke bagian samping bentuknya tegas. Ada patahan dalam yang seolah membagi dua bodi atas dan bawah. Sedangkan di belakang, bentuknya cukup sederhana tapi dihiasi aksen agar ramai.

Baca juga: Rossi Berharap Ada Progres di MotoGP Portugal

BMW C400XKOMPAS.com/Gilang BMW C400X

Bentuk joknya panjang dan lebar dengan padanan dua warna. Di jok pengendara ada undakan kecil untuk punggung, berguna supaya punggung dan pinggul tidak mudah pegal.

Menariknya, lampu belakang dan sein terletak di bagian sepatbor belakang. Prediksi Kompas.com, hal itu dilakukan agar posisi lampu belakangnya tidak terlalu tinggi.

Dimensi keseluruhan memiliki panjang 2.210 mm, lebar 835 mm, tinggi 1.305 mm dan jarak sumbu roda 1.565 mm. Tinggi jok 774 mm, berat bersih 201 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com