Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kakak Beradik Adu Balap, Ini Daftar Pebalap Bersaudara di MotoGP

Kompas.com - 12/04/2021, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pebalap di MotoGP memiliki garis keturunan dari pebalap juga. Tak jarang, para pebalap senior mengarahkan anak-anaknya untuk balapan juga.

Dengan begitu, banyak juga kakak beradik yang sama-sama menjadi pebalap. Bahkan, di beberapa kesempatan, keduanya juga dipertemukan di kejuaraan dan kelas yang sama.

Baca juga: Komentar Rossi Soal Hasil Apik Vinales dan Quartataro di Qatar

Beberapa contoh yang ada sekarang ini adalah Marquez dan Espargaro bersaudara. Dua pasang kakak beradik ini saling bersaing di kelas MotoGP.

Marc Marquez dan Alex Marquez saat menghadiri peluncuran tim Repsol Honda untuk MotoGP 2020 di Madrid, Spanyol, 27 Januari 2020.AFP/GABRIEL BOUYS Marc Marquez dan Alex Marquez saat menghadiri peluncuran tim Repsol Honda untuk MotoGP 2020 di Madrid, Spanyol, 27 Januari 2020.

Aleix Espargaro dan Pol Espargaro pertama kali berada dalam kelas yang sama sejak 2014 lalu. Lalu, diikuti Marc Marquez dan Alex Marquez yang bertemu sejak 2020.

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (12/4/2021), masih ada pasangan kakak beradik lainnya yang sempat berada di kelas yang sama. Pada 1997, ada Nobuatsu Aoki dan Takuma Aoki, yang sama-sama naik podium di GP Imola. Setelah mereka, belum ada kakak beradik lainnya yang naik podium bersamaan.

Kedua Aoki bersaudara tersebut juga masih memiliki saudara lainnya, yakni Haruchika Aoki. Pada 1999, Nobuatsu dam Haruchika juga bertemu di kelas utama.

Baca juga: Marc Marquez Kantongi Izin Balapan di MotoGP Portugal

Marc dan Alex juga menjadi pasangan yang sangat beruntung awalnya. Keduanya sempat berada di tim yang sama, yaitu Repsol Honda Team.

Sayangnya, Marc mengalami cedera di awal musim. Sehingga, Alex harus berjuang sendirian. Di 2021, Alex digeser ke tim satelit LCR Honda dan digantikan oleh Pol.

Valentino Rossi juga memiliki adik di kelas yang sama, yaitu Luca Marini. Hubungannya memang bukan saudara sedarah, tapi keduanya berasal dari ibu yang sama.

Luca Marini saat membalap pada MotoGP Doha yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Senin (5/4/2021) dini hari WIB.AFP/KARIM JAAFAR Luca Marini saat membalap pada MotoGP Doha yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Senin (5/4/2021) dini hari WIB.

Sebelum Aleix dan Pol masuk ke MotoGP, terakhir kali pasangan kakak beradik di kelas yang sama adalah pada 2010 di Laguna Seca, Amerika Serikat. Saat itu, Nicky Hayden masih di Ducati dan adiknya, Roger Lee, menggantikan Randy de Puniet di LCR Honda.

Sebelum Aleix dan Pol yang menjadi pebalap permanen di MotoGP, sempat ada Kenny Roberts dan Kurtis Roberts di musim 2004.

Selain itu, ada juga Nobuatsu dan Takuma pada 1997, Bernard dan Marc Garcia pada 1994 dan 1995, serta Dominique dan Christian Sarron pada 1989.

Masih ada pasangan kakak beradik lainnya yang jadi pebalap, baik tidak di kelas yang sama atau di kejuaraan berbeda. Jumlahnya bisa mencapai lebih dari 50 kakak beradik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com