Bersaing di Tengah Pandemi, Michelin Tingkatkan Kapasitas Produksi

Kompas.com - 09/04/2021, 19:11 WIB
Michelin Agilis 3 ban baru untuk kendaraan komersial seperti truk ringan. michelinMichelin Agilis 3 ban baru untuk kendaraan komersial seperti truk ringan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi pandemi, produsen ban asal Prancis, Michelin, akan meningkatkan kapasitas produksinya untuk meningkatkan level daya saing. Khususnya, untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Executive Vice President untuk Manufaktur Michelin Jean-Christophe Guerin, mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk pertumbuhan bisnis di masa mendatang.

Baca juga: Michelin Rilis Ban Khusus buat Mobil Sport Listrik

"Hal ini berarti meningkatkan jumlah produksi lokal di masing-masing wilayah regional untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal," ujar Guerin, dalam acara Michelin Capital Markets Day 2021, secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Ban Michelin hentikan penggunaan plastik pembungkus banDok. Michelin Indonesia Ban Michelin hentikan penggunaan plastik pembungkus ban

Pada 2020, kapasitas produksi ban Michelin di Asia mencapai 18 persen dari total kapasitas produksi Michelin di seluruh dunia.

Pada 2023, kapasitas ini akan ditingkatkan hingga mencapai 22 persen untuk fokus melayani kebutuhan pasar regional terutama Asia.

Penambahan kapasitas ini terutama akan diprioritaskan di Cina, Thailand, dan Indonesia, di mana Michelin memiliki fasilitas manufaktur yang cukup besar.

Baca juga: Lirik Dunia Motor Custom, Michelin Siapkan Ban Model Klasik

Khusus di Indonesia, penambahan kapasitas berasal dari pabrik ban milik Michelin, PT. Multistrada Arah Sarana (MASA).

Michelin saat ini telah menginvestasikan dana untuk memodernisasi proses produksi untuk secara bertahap meningkatkan kapasitas produksi Multistrada, terutama untuk ban roda dua dan ban kendaraan penumpang.

PT MASA sendiri merupakan produsen ban mobil Achilles dan ban motor Corsa, yang diakuisi sahamnya sebesar 87,58 persen oleh Michelin pada Maret 2019 lalu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X