Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Harus Utamakan Fungsional, Contohnya Bagasi Nmax Jangan Dijejali Sound

Kompas.com - 07/04/2021, 19:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi pada sepeda motor terdiri dari berbagai aspek, salah satunya estetika. Tapi, tak hanya tampilannya saja yang perlu diperhatikan. Aspek fungsional juga penting untuk diutamakan.

Apalagi, modifikasi pada skuter matik (skutik) yang umumnya juga dipakai untuk mobilitas sehari-hari. Tentu harus bisa mengakomodasi kebutuhan dari pengendaranya.

Baca juga: Harga Skutik Bongsor Naik April 2021, Cek Banderol PCX dan NMax

Agus Hadi Purwanto, modifikator asal Yogyakarta yang telah kerap menjadi pemenang di ajang CustoMAXI yang digelar Yamaha, mengatakan, modifikasi juga harus memperhatikan fungsi utama sepeda motor itu sendiri.

Modifikasi Yamaha NmaxDok. YIMM Modifikasi Yamaha Nmax

"Maka itu, apabila melakukan modifikasi, jangan melupakan fungsi utamanya dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari,” ujar Agus, dalam keterangan resminya.

Pria yang akrab disapa Agus Iponk ini sudah mengoleksi kemenangan CustoMAXI tahap nasional sebagai The Best Nmax Modification & King of MAXI Yamaha Modification 2017, The Best Nmax Modification 2018, The Best Xmax Modification 2019, dan tahap regional jawara Nmax kelas Master regional Solo 2020.

Menurutnya, untuk modifikasi seperti Maxi Yamaha, sebaiknya tetap menggunakan keunggulan yang disematkan pabrikan.

Contohnya, salah satu keunggulan All New Nmax 155 yaitu bagasi yang luas, tidak dimodifikasi dengan memasukkan seperangkat sound.

Baca juga: Cara Baru, Diler Yamaha Ini Jual Nmax Versi Modifikasi

“Menurut saya kan justru malah menjadikan fungsi bagasi menjadi kurang maksimal. Padahal, dengan bagasi luas Nmax dibuat oleh Yamaha untuk dapat memuat barang yang banyak,” kata Agus.

Selain itu, fitur dan teknologi unggulan lainnya pada All New Nmax 155 seperti electric power socket dan Y-Connect pada varian All New Nmax 155 Connected dan All New Nmax 155 Connected/ABS juga sangat bermanfaat bagi konsumen dalam penggunaan harian maupun hobi touring.

Modifikasi Yamaha NmaxDok. YIMM Modifikasi Yamaha Nmax

”Beragam fitur dan teknologi itu sudah disediakan oleh Yamaha sehingga konsumen tidak perlu menambahkannya lewat modifikasi agar motornya bisa punya fitur atau teknologi seperti itu. Sudah dimudahkan oleh pabrikan dan tidak ribet buat konsumen,” ujar Agus.

Agus menambahkan, All New Nmax 155 punya tampilan dan desain yang sangat menarik. Saat ini, tren modifikasinya yang menyangkut warna banyak mengambil tone candy.

“Body generasi terbaru Nmax sangat indah dan mengagumkan. Tidak membutuhkan banyak perubahan. Menurut saya, Nmax sangat luwes untuk dimodifikasi,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com