Jangan Modifikasi Lampu Mobil Jadi Kelap-kelip, Ini Aturannya

Kompas.com - 04/04/2021, 16:21 WIB
Lampu mobil kelap-kelip instagram.com/dashcamindonesiaLampu mobil kelap-kelip

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini kembali marak penggunaan lampu kendaraan yang mengeluarkan cahaya kelap-kelip atau berkedip.

Padahal, aturannya sudah jelas bahwa penggunaan lampu model tersebut dilarang.

Seperti mobil yang ada di unggah oleh akun Dashcam Owners Indonesia. Dalam rekaman tersebut, terlihat mobil memasang lampu tambahan di bagian belakang mobilnya.

Lampu yang dipasang di bawah bumper ini berwarna putih dan menyala berkedip ketika mobil melakukan menghidupkan lampu sien. Tentu saja lampu tersebut menyilaukan pengguna jalan lain yang ada di belakang mobilnya.

Baca juga: Arus Balik Liburan, Rest Area Tol Cikampek Km 52B Ditutup Sementara

Training Director Safety Defensive Consultant Sonny Susmana mengatakan, modifikasi seperti ini sudah lama dan banyak dilakukan pengemudi yang tidak paham aturan.

Pastinya dia punya asumsi sendiri mengapa melakukan modifikasi tersebut.

“Mungkin untuk menjaga keamanannya, atau pernah punya trauma ditabrak dari belakang. Bisa juga karena bergaul dengan orang-orang yang gagal paham, sehingga menaruh lampu yang menyilaukan di belakang mobil,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sony mengatakan, lampu yang ada di mobil sudah jelas, baik warna maupun penempatannya, jadi tidak perlu ditambah. Kecuali mobil tadi digunakan dengan pertimbangan tertentu dan tidak di tempat umum.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Aturan

Mengenai aturan penggunaan lampu tersebut sudah termaktub dalam Undang-undang Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan, tepatnya pada Pasal 106, yang berbunyi:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X