Kompas.com - 02/04/2021, 14:41 WIB
Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara. Donny Dwisatryo PriyantoroVisor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.

JAKARTA, KOMPAS.comHelm benda yang wajib dikenakan saat mengendarai motor. Fungsinya tentu untuk meredam benturan ketika pengendara motor mengalami kecelakaan.

Helm juga terdiri dari beberapa bagian, mulai dari batok, tali pengikat, busa, sampai visor. Namun ada juga beberapa jenis helm yang tidak memiliki visor, misalnya seperti helm-helm model retro.

Lalu apakah fungsi dari visor helm? Apakah aman jika tidak menggunakannya?

Baca juga: Sejarah PO Agra Mas, Senang Pakai Bus Bekas dari Jepang

Tangkapan layar video viral pengendara motor dan penumpangnya sama-sama tidak memakai helm serta masker.FACEBOOK Tangkapan layar video viral pengendara motor dan penumpangnya sama-sama tidak memakai helm serta masker.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, fungsi visor pada helm tidak kalah penting daripada bagian lainnya.

Setidaknya ketika memakai visor dan ditutup saat berkendara, muka pengendara motor terhindar dari hembusan angin.

Visor dapat melindungi bagian muka dari berbagai macam potensi bahaya yang ada. Misalnya seperti batu kerikil yang tiba-tiba mental, debu di jalan, dan binatang kecil yang tidak terlihat,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Keeway GT270 Meluncur, Siap Saingi Yamaha Xmax dan Honda Forza

Selain menghindari benda-benda kecil mengenai muka, visor helm juga bisa mengurangi luka fatal ketika terlibat kecelakaan.

Misalnya ketika jatuh dari motor, dengan visor yang tertutup, muka jadi terhindar dari aspal.

“Biasanya pengendara akan lebih aware akan fungsi penting visor ketika pernah mengalami kecelakaan. Hal ini dikarenakan adanya efek jera atau trauma ketika berkendara,” kata Agus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X