Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Paham, Ini Alasan Harus Matikan Mesin Saat Isi BBM

Kompas.com - 01/04/2021, 15:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu larangan ketika mengisi bensin di SPBU adalah membiakan mesin mobil menyala. Oleh sebab itu, saat melakukan pengisian harus mematikan mesin.

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka Paimin mengatakan, hal tersebut wajib dilakukan ketika isi bensin untuk mencegah kebakaran jika uap bensin terpapar panas mesin.

“Hal ini karena pada saat proses pengisian ke tangki kendaraan akan ada uap yang keluar dari tangki, sehingga sangat berbahaya terjadinya segitiga api atau panas yang cukup dar mesin, udara, oksigen dan bahan bakar,” ujar Paimin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/3/2021).

Baca juga: Terlalu Bucin, Pria Ini Rela Pasang Paku di Jok Motornya

Hal yang sama juga dilontarkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Ia menjelaskan, mematikan mesin dapat mencegah uap bensin tersambar oleh percikan api busi.

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

“Jadi kalau mesin menyala, dan ada kabel busi yang luka, bisa saja timbul percikan bunga api dan menyebabkan terbakar,” kata Didi.

Didi menambahkan, pabrikan mobil sebetulnya sudah merancang desain mobil sedemikian rupa agar mobil lebih aman saat mengisi bahan bakar.

Baca juga: Yamaha XSR 250 Tertangkap Kamera Sedang Uji Jalan

Contohnya, letak tutup pengisian tangki BBM di mobil pasti posisinya berlawanan dengan letak knalpot. Begitu juga dengan letak mesin yang berjauhan dengan ujung knalpot.

Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kebakaran. Meski demikian, Didi mengatakan demi alasan keselamatan sebaiknya tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com