Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Fly Over Tanjung Barat dan Lenteng Agung Mulai Uji Coba Kedua

Kompas.com - 01/04/2021, 13:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBina Marga DKI Jakarta akan kembali melakukan uji coba tahap kedua Flyover tapal kuda Tanjung Barat dan Lenteng Agung. Sebelumnya uji coba tahap pertama telah dilakukan pada Februari 2021.

“Uji coba untuk flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung tahap kedua akan mulai pada 1-6 April 2021, pukul 06.00 WIB sampai 22.00 WIB,” ujar Hari Nugroho, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, dalam keterangan tertulis (31/3/2021).

Sama seperti uji coba pertama, usai masa uji tahap dua ini selesai, flyover tapal kuda tersebut akan ditutup kembali untuk proses evaluasi.

Baca juga: Hyundai Alcazar, Calon SUV Murah Korea Pesaing Rush

Pengendara melewati Flyover Tanjung Barat, Jakarta Selatan pada Minggu (31/1/2021).Dok. Warga Pengendara melewati Flyover Tanjung Barat, Jakarta Selatan pada Minggu (31/1/2021).

Hari mengatakan, pada masa evaluasi usai uji coba tahap satu, terdapat beberapa fungsi atau bagian infrastruktur yang ditambahkan. Mulai dari penambahan lalu peringatan, penambahan marka jalan, hingga lampu lalu lintas.

“Ada juga penambahan jalur sepeda pada flyover tersebut serta penambahan pengaman pada tikungan flyover,” ucap Hari.

Nantinya, dalam evaluasi tahap kedua usai masa uji coba berakhir, pihak Bina Marga DKI Jakarta akan melihat apakah flyover tapal kuda Tanjung Barat dan Lenteng Agung sudah bisa dilalui dan digunakan secara umum atau tidak.

Baca juga: Viral Video Truk Nekat Putar Balik di Jalan Tol, Catat Sanksinya

Foto udara Flyover Lenteng Agung yang dijadikan rujukan pendataan oleh Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarta, Jakarta.Dok. Istimewa Foto udara Flyover Lenteng Agung yang dijadikan rujukan pendataan oleh Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarta, Jakarta.

“Setelah enam hari masa uji coba berakhir, kita akan tutup per tanggal 7, kemudian jika hasil evaluasi dinyatakan sudah bisa dilalui maka akan segera kita resmikan,” kata dia.

Untuk diketahui, flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung dibangun sejak Oktober 2019. Kedua jembatan layang ini punya fungsi vital sebagai lokasi putar balik kendaraan dari arah Jakarta Selatan maupun Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com