Lorena dan Karina, PO Legendaris dengan Fasilitas Mewah

Kompas.com - 29/03/2021, 17:04 WIB
PO Lorena seputar semarangPO Lorena

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada bahasan kali ini, Kompas.com akan sedikit membahas soal PO yang legendaris, PO Lorena dan Karina. PO yang terkenal dengan warna hijau ini memang sudah beroperasi dari tahun 1970.

Melansir dari website resmi PO Lorena dan Karina, pada tahun 1970 G. T. Soerbakti mendirikan Lorena Transport yang melayani rute antar kota.

Saat itu, hanya mengandalkan dua bus bersasis Mercedes Benz dengan trayek Bogor – Jakarta Pergi Pulang (PP).

Lima tahun berselang, PO Lorena melayani trayek AKAP jarak dekat, Jakarta – Bandung via Puncak.

Kemudian pada tahun 1984, mulai dibuka trayek AKAP jarak jauh yakni Jakarta – Surabaya PP dan kota-kota lain di Jawa, Madura, Bali dan Sumatera.

Baca juga: Ternyata Ini Arti Marka Garis Zig-zag Kuning di Tepi Jalan

Bus Lorena dan Karina Double DeckerStanly/KompasOtomotif Bus Lorena dan Karina Double Decker

Bisa dibilang saat itu merupakan era baru dari layanan PO Lorena. Fasilitas seperti AC, Reclining Seat, Audio Video, Smoking Area, serta servis makan dan snack didapatkan penumpang.

Kemudian pada tahun 1985, Lorena Group mengakuisisi PO Raseko dan mengembangkan usahanya dengan mendirikan PT Ryanta Mitra Karina atau biasa disebut PO Karina.

PO Karina juga melayani rute AKAP trayek Jakarta, Surabaya, Malang, Madura dan Denpasar.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya membagikan pengalamannya ketika naik PO Lorena dan Karina pada tahun 1995. Banyak hal yang membuat PO Lorena dan Karina menjadi PO yang legendaris.

Baca juga: Slipstream, Teknik yang Bikin Joan Mir Gagal Podium di MotoGP Qatar

Bus Lorena dan Karina Double DeckerStanly/KompasOtomotif Bus Lorena dan Karina Double Decker

“Dulu PO Lorena dan Karina memang disegani baik oleh kru PO lain maupun penumpang PO lain. Waktu itu naik tahun 1995, terkenal banter (kencang) tapi nyaman di masa itu,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X