Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Performa Mesin Toyota Sienta Welcab

Kompas.com - 29/03/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sienta Welcab resmi diperkenalkan PT Toyota Astra Motor pada Agustus 2020.

Menggunakan basis Sienta tipe V, mobil ini hanya memiliki ubahan signifikan pada sektor kursi, yakni pemasangan kursi Welcab di kabin.

Mesin 1.5L 2NR-FE empat silinder mampu menghasilkan tenaga 107 ps di 6.000 rpm dan torsi maksimal 14.3 Kgm pada 4.200 rpm. Mobil ini menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual dan CVT.

Baca juga: Interior Toyota Sienta Welcab, Ramah Disabilitas

Dari pengetesan yang dilakukan tim redaksi Kompas beberapa waktu lalu, performa transmisi CVT Toyota Sienta ini cukup responsif, terutama di jalanan perkotaan.

Mode D pada transmisi ini mampu menerjemahkan keinginan pedal gas, sesuai injakan pengemudi. Tidak hanya bermanuver saat akan putar arah dan belok.

Ketika melintasi bawah terowongan dengan kondisi jalan yang relatif sepi dan sedikit menanjak, Sienta bertransmisi CVT juga cukup responsif.

Sienta mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1.497 cc dengan tenaga 107 ps dan torsi 140 Nmgridoto.com Sienta mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1.497 cc dengan tenaga 107 ps dan torsi 140 Nm

Sementara itu, penggunaan suspensi depan MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer dan suspensi belakang Torsion Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer diklaim Toyota dapat mengakomodasi pengendalian dan kenyamanan kendaraan multiguna (multi puprose vehicle/MPV).

Ini terbukti dalam kesempatan menjajal performa mesin 1.5L. Minim dirasakan gejala body roll dan electric power steering (ESP) membuat keinginan pengemudi dapat diterjemahkan cukup akurat.

Tidak lupa dari segi keamanan, Toyota Sienta Welcab ini sudah mengusung fitur tiga airbag, ABS dengan Electronic Brake Distribution dan Brake Assist, Pre-tensioner Seatbelt with Force Limiter, Parking Sensor, GOA Body, serta Head Impact Mitigating Structure.

Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas

Baca juga: Bahas Desain Eksterior Toyota Sienta Welcab

Kesimpulan

Meski dari segi mesin tidak ada penambahan tenaga sama sekali, Toyota sudah mengompensasikan dengan feeling berkendara yang masih menyenangkan dan ukuran kabin yang lebih luas.

Terutama bagi mereka yang memang memiliki kebutuhan disabilitas, karena penumpang dapat dengan sendirinya mengatur kursi sebelah kiri keluar masuk melalui sebuah remote.

Ditawarkan dalam dua varian, Toyota Sienta Welcab dibanderol mula Rp 362,7 juta sampai Rp 380,4 juta untuk tipe V CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com