Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Buku Manual Pemilik Mobil

Kompas.com - 28/03/2021, 10:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membeli mobil baru, konsumen akan dibekali sejumlah panduan salah satunya ialah buku manual yang berisi berbagai informasi dasar mobil.

Tapi buku manual kerap diabaikan. Padahal buku manual berisi informasi penting utamanya fitur dan kelengkapan, terlebih jika mobil mengadopsi teknologi perangkat komputer.

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International, mengatakan, fungsi buku manual cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk.

Baca juga: Lebih Enak Kursi Bus Bahan Fabric atau Kulit Sintetis?

Buku manual pemilik mobilFoto: Peugeot Buku manual pemilik mobil

"Buku manual dapat membantu konsumen non teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membukanya terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” katanya dalam rilis resmi, Sabtu (27/3/2021).

Samsudin mengatakan, buku manual bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada pemilik saat mengalami masalah atau ada pertanyaan tentang produk tertentu.

Lantas perlukah membaca manual book secara keseluruhan?

Kemungkinan tidak perlu. Samsudin mengatakan cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, kemudian membaca informasi yang dibutuhkan.

"Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book," katanya.

Baca juga: Bahas Interior CR-V Facelift, Makin Segar meski Ada yang Kurang

Bengkel Peugeot Foto: Peugeot Bengkel Peugeot

Sebagian besar buku manual berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan pembaca. 

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah," katanya.

Seiring zaman buku manual juga berkembang tidak hanya berupa fisik tapi digital. Beberapa manual book untuk perangkat komputer berbentuk CD, atau aplikasi yang bisa diunduh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.