Waspada Potensi Bahaya dari Alam saat Berkendara Sepeda Motor

Kompas.com - 26/03/2021, 18:21 WIB
 Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor (iStock/ Milos-Muller) Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memgendarai sepeda motor penting untuk selalu waspada. Bukan hanya dari kendaraan lain, tapi juga dengan kondisi alam dan potensi bahaya lainnya.

Saat berkendara, terdapat potensi bahaya tidak bergerak. Potensi bahaya tersebut datang dari objek-objek yang tidak bergerak di sekitar kita.

Baca juga: Pahami Etika Touring Jarak Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Bahkan sering sekali pengendara terjebak untuk menghadapi potensi bahaya jenis ini. Objek yang tidak bergerak terkadang tidak dapat terlihat dengan jelas ketika kita sedang berkendara.

Ilustrasi touring menggunakan sepeda motorDok. DAM Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor

"Maka dari itu, kita harus selalu waspada saat berkendara. Seperti jalanan berlubang, kontur jalan yang tidak rata, portal, tiang listrik, pohon, polisi tidur, dan kendaraan lain yang sedang parkir di bahu jalan," ujar Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma, dalam keterangan resminya.

Potensi Bahaya dari Alam

Potensi bahaya dari alam adalah potensi bahaya yang kerap tidak dapat diprediksi oleh pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

Bahkan di tahun-tahun terakhir Indonesia banyak mengalami bencana alam, mulai dari angin puting beliung, curah hujan yang tinggi, tanah longsor, gempa bumi hingga tsunami. Berikut adalah potensi-potensi yang datangnya dari alam yang sering dijumpai para pengendara:

Angin Kencang

Angin kencang sangat berpengaruh pada kestabilan dan keseimbangan pengendara dan sepeda motornya. Terutama bagi pengendara yang menggunakan sepeda motor jenis Cub dan Matic," kata Ludhy.

Menurut Ludhy, sepeda motor yang memiliki ukuran dimensi relatif lebih kecil dapat keluar dari jalur jalan atau oleng, bahkan bisa berpotensi terjatuh saat angin kencang.

Baca juga: Tips Touring Pakai Sepeda Motor di Tengah Pandemi ala Komunitas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.