Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sirkuit Baru Hongaria buat MotoGP 2023

Kompas.com - 23/03/2021, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEBRECEN, KOMPAS.com - Hongaria resmi masuk kalender balap MotoGP 2023. Saat ini negara di Eropa tengah tersebut sedang mempersiapkan pembangunan sirkuit baru.

Sirkuit baru tersebut bernama Magyar Nemzetközi Motodrome. Lokasinya di dekat Debrecen, kota kedua terbesar di Hongaria. Dua jam perjalanan darat dari Budapest.

Baca juga: Bukan Sekadar Tindak Pelanggar Lalu Lintas, Ini Manfaat dari ETLE

Sirkuit Magyar Nemzetközi Motodrome akan menggantikan Sirkuit Hungaroring yang terakhir menjadi ruan rumah Grand Prix pada 1992.

 

"Apa yang terjadi di sini adalah sesuatu yang istimewa. FIM mengikuti hal ini dengan cermat. Saya pikir, ini akan menjadi salah satu trek terbaik di dunia," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta Mengutip Motorsport-Total, Selasa (23/3/2021).

Sirkuit akan dibuat untuk homologasi Formula 1 dan MotoGP. Pembangunannya dikerjakan perusahaan asal Italia yang sudah sering bekerjasama dengan Dorna Sports.

Baca juga: Mobil Kota Berubah Jadi SUV, Toyota Aygo Cross Siap Meluncur Tahun Ini

Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP.INSTAGRAM.com/marcmarquez93 Pada Selasa (16/3/2021), Marc Marquez menjajal Sirkuit Barcelona-Catalunya menaiki motor Honda RC213V-S, motor jalanan yang terinspirasi oleh tunggangannya di dunia MotoGP.

Sirkuit memiliki panjang 5 km dan memiliki 15 tikungan. Sirkuitnya tidak rata tapi ada level tanah naik turun, tikungan-tikungannya juga cukup menatang.

Para desainer terinspirasi dari beberapa sirkuit yang sudah ada seperti Sirkuit Assen, Belanda yang lama, Suzuka Jepang, Termas de Rio Hondo Argentina, dan Phillip Island Australia.

Biaya pembangunan akan menelan dana 65 miliar forint atau setara 188 juta euro. Konstruksi akan dimulai pada kuartal kedua 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com