Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Anda Kena Recall, Begini Cara Mengetahuinya

Kompas.com - 23/03/2021, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Avanza jadi salah satu mobil yang masuk dalam kampanye penarikan kembali atau recall. Berdasarkan pengumuman PT Toyota Astra Motor (TAM), disebutkan bahwa recall disebabkan karena masalah pada komponen pompa bahan bakar atau fuel pump.

Pada rangkaian komponen tersebut ada bagian impeller berbahan resin, yang dalam keadaan tertentu bisa melengkung dan mengembang. Akibatnya impeller menyentuh cover motor pump, sehingga tak bisa lagi memutar.

Efeknya, fuel pump tak bisa bekerja menyuplai bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Indikasinya saat berjalan mesin mobil bisa mati mendadak. Dalam keadaan parkir, mesin akan susah dihidupkan.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Akan Diterapkan Tilang Elektronik Secara Nasional

Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019TAM Toyota Avanza telah memasuki usia 16 tahun pada Desember 2019

“Pada intinya masalah ada di fuel pump yaitu impeller atau baling-balingnya berpotensi berubah bentuk seiring pemakaian,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Sehingga menggangu kinerja pompa yang menyebabkan pasokan bensin ke mesin berkurang tekanannya. Jadi mesin akan mendeteksi masalah ini,” kata dia.

Toyota mengatakan, Avana yang mengalami malfungsi pada pompa bahan bakar merupakan unit yang diproduksi dari 2017 hingga 2019. Namun hanya menyasar unit dengan nomor rangka atau VIN tertentu.

Baca juga: Mengenal PO Eka dan Mira, Lawan Berat PO Sumber Kencana

Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel PumpRyan/GridOto.com Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel Pump

Selain itu, penting bagi pemilik Avanza, juga model Toyota lainnya secara umum yang terdampak recall, untuk mengecek status kendaraan yang dimiliki. Dengan cara mendatangi bengkel resmi, atau hubungi pusat layanan di 1 500 315.

Menurut Didi, penggantian komponen fuel pump bakal memakan waktu paling lama 4 jam dan tanpa dipungut biaya.

Untuk mempermudah konsumen, Toyota juga memfasilitasi pengecekan status secara daring. Dengan memasukkan nomor rangka ke laman ssc.toyota.astra.co.id, kemudian masukkan 17 digit nomor rangka tadi. Dilanjutkan dengan memasukkan email dan kode captcha, lalu klik Search.

Baca juga: Berikut 10 Jenis Pelanggaran yang Terekam Kamera Tilang Elektronik

Suasana bengkel Toyota.TAM Suasana bengkel Toyota.

Tunggu beberapa saat sampai tampilan website berubah. Jika mobil aman dari recall akan muncul keterangan, “Kendaraan Anda tidak termasuk di dalam aktivitas Special Service Campaign.”

Jika mobil ternyata kena recall, maka muncul keterangan: undangan datang ke bengkel resmi, untuk dilakukan pemeriksaan: Recall Fuel Pump Replacement.

Selanjutanya, konsumen bisa mengisi formulir yang ada di bawah keterangan tadi, untuk mendaftarkan booking service ke bengkel resmi terdekat.

Anda juga diwajibkan booking service terlebih dahulu agar waktu tunggunya tidak mengular karena antrean panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com