Modifikasi Mobil Bergaya Stance, Jangan Sembarangan Ceper

Kompas.com - 19/03/2021, 17:45 WIB
Modifikasi bergaya stance Honda Accord CP2 2010 Zoel Ritonga - Auto Pilot MedanModifikasi bergaya stance Honda Accord CP2 2010
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren gaya modifikasi stance alias ceper tekuk pada kendaraan bermotor roda empat masih terus berkembang belakangan ini. Bahkan, tidak sedikit yang membenamkannya di mobil berdimensi lebih besar.

Andre Mulyadi, salah satu pendiri National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengatakan, hal tersebut dikarenakan mudahnya ubahan yang dilakukan atau bisa dikerjakan sendiri.

"Memperoleh sumber atau bahan-bahan yang diperlukan juga gampang. Serta, cocok untuk diaplikasikan hampir di semua jenis mobil, jadi tidak heran," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ketahui Ciri Piringan Cakram Motor Harus Diganti

Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020KOMPAS.com/Ruly Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

Hanya saja, modifikasi bergaya stance memiliki kesulitan tersendiri dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan (tidak memiliki pengetahuan cukup). Apalagi, jika sudah ekstrem seperti memotong beberapa bagian.

Stance merupakan aliran modifikasi mobil yang memfokuskan pada sektor kaki-kaki dan kombinasi pelek dengan ban. Bukan mengubah ground clerance saja, roda bagian atas tertarik ke dalam sementara bagian bawahnya melebar.

Sehingga, mobil menjadi lebih ceper namun tetap aman bila digunakan karena perpaduan besar badan mobil, kaki-kaki, serta pelek tidak kontras.

Dalam kontes modifikasi, juri akan menilai gaya stance dalam beberapa titik. Secara keseluruhan adalah tentang proporsi antara kaki-kaki dengan bodi mobil.

"Ukuran pelek menentukan di aliran modifikasi ini, termasuk proporsinya dibandingkan ukuran mobil. Belum lagi, ubahan pada bodi agar mengakomodir perubahan pelek tersebut (misal radius fender hingga wide body)," kata Husna Sugiana, salah satu juri Indonesia Automodified (IAM).

Baca juga: Ini Komponen Fuel Pump yang Bikin Xenia-Avanza Kena Recall

Modifikasi mobil karya lokalStanly/KompasOtomotif Modifikasi mobil karya lokal

Pada kesempatan berbeda, salah satu modifikator rumahan Kandas Genk, Hengky menyatakan bahwa modifikasi stance bukan asal membuat mobil ceper.

Banyak yang patut diperhatikan, apalagi bila mobil tersebut harus digunakan.

"Kalau modifikasi bergaya stance itu kaki-kaki dan mesin yang paling penting untuk diperhatikan. Karena akan ada beberapa titik yang dipotong seperti per ataupun kaki-kakinya itu sendiri. Supaya aman, lebih baik pakai air suspension," kata dia.

"Lalu, perhatikan juga kekuatan mobil setelah dilakukan hal tersebut. Karena ditakutkan balon-nya kena bila mobil dipakai dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tidak bisa mobil digunakan dengan kencang seperti sebelum dimodifikasi," tambah Hengky.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X