Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Motor Listrik, Perhatikan Hal Berikut

Kompas.com - 18/03/2021, 20:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci sepeda motor merupakan kegiatan wajib jika motor kotor. Selain tak sedap dipandang, kotoran juga bisa menggangu fungsi beberapa komponen.

Meski demikian untuk mencuci motor listrik mesti lebih diperhatikan. Terutama jika ingin mencuci motor di tukang cuci steam menggunakan air bertekanan tinggi.

Baca juga: Motor Listrik Unik, Mirip Ducati Monster tapi Satu Roda

Abdul teknisi Viar, mengatakan, untuk motor listrik ada beberapa bagian yang memang tidak boleh disemprot air dengan tekanan tinggi.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

"Misal mencuci dengan kompresor perlu diperhatikan untuk daerah kontroler. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," ujar Abdul kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: IMI Tangsel Akan Buka Kelas Motor Listrik di Ajang Drag Bike

Pada dasarnya mencuci motor listrik seperti motor biasa. Hanya saja pastikan tidak ada bagian-bagian kelistrikan yang terbuka karena ditakutkan terjadi korsleting.

Kemudian untuk meminimalisir kejadian buruk, jok dan tempat kabel charging juga sebaiknya tertutup rapat. Selebihnya sama seperti motor biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com