Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batas Ukuran Maksimal Ban Xenia Bila Masih Pakai Pelek Standar

Kompas.com - 16/03/2021, 18:11 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sejak dirilis pada 2004, Daihatsu Xenia menjadi salah satu pilihan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) murah bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai mobil MPV, ukuran kaki-kaki Xenia pun terhitung standar dibanding jenis mobil lain. Untuk versi terbarunya Xenia dibekali dengan ban berukuran 185/70 dan pelek 14 inci.

Bagi sebagian pengendara, ukuran ban tersebut dirasa kurang gagah sehingga dimodifikasi dengan mengganti ban berukuran lebih besar.

Lantas berapa batas ukuran ban paling besar yang dapat dipasang untuk Xenia versi terbaru tanpa mengganti pelek standar (OEM)?

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Insentif buat Mobil Listrik

"Untuk Xenia dengan ban standar ukuran 185/70 R14 bisa dinaikkan ukurannya jadi 185/80 R14," jelas Mika selaku Manajer Cabang Mari Ban Nusukan Solo saat ditemui Kompas.com pada Selasa (16/3/2021).

Daihatsu Xenia 2019 Daihatsu Xenia 2019

Menurut Mika, jika mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar dari 185/80 R14 akan berisiko bergesekan dengan bagian fender.

"Jika ban terlalu besar, saat mobil diisi beban posisinya akan lebih rendah sehingga ban berisiko bergesekan dengan fender," kata Mika.

Sebenarnya untuk Xenia masih dapat 'naik tingkat' dengan memasang ban lebih lebar berukuran 205/65. Namun harus mengganti pelek standarnya dari ukuran 14 inci jadi 15 inci.

Selain itu, dengan lebar tapak 205, posisi ban sudah agak keluar dari sisi mobil.

Baca juga: Warga Jateng Belum Bisa Pesan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

"Dengan tapak yang lebih lebar, otomatis setir jadi terasa lebih berat saat akan dibelokkan, tapi ketika jalan lurus kemudi jadi lebih stabil," jelas Mika lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com