Batas Ukuran Maksimal Ban Xenia Bila Masih Pakai Pelek Standar

Kompas.com - 16/03/2021, 18:11 WIB
Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

SOLO, KOMPAS.com - Sejak dirilis pada 2004, Daihatsu Xenia menjadi salah satu pilihan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) murah bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai mobil MPV, ukuran kaki-kaki Xenia pun terhitung standar dibanding jenis mobil lain. Untuk versi terbarunya Xenia dibekali dengan ban berukuran 185/70 dan pelek 14 inci.

Bagi sebagian pengendara, ukuran ban tersebut dirasa kurang gagah sehingga dimodifikasi dengan mengganti ban berukuran lebih besar.

Lantas berapa batas ukuran ban paling besar yang dapat dipasang untuk Xenia versi terbaru tanpa mengganti pelek standar (OEM)?

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Insentif buat Mobil Listrik

"Untuk Xenia dengan ban standar ukuran 185/70 R14 bisa dinaikkan ukurannya jadi 185/80 R14," jelas Mika selaku Manajer Cabang Mari Ban Nusukan Solo saat ditemui Kompas.com pada Selasa (16/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daihatsu Xenia 2019 Daihatsu Xenia 2019

Menurut Mika, jika mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar dari 185/80 R14 akan berisiko bergesekan dengan bagian fender.

"Jika ban terlalu besar, saat mobil diisi beban posisinya akan lebih rendah sehingga ban berisiko bergesekan dengan fender," kata Mika.

Sebenarnya untuk Xenia masih dapat 'naik tingkat' dengan memasang ban lebih lebar berukuran 205/65. Namun harus mengganti pelek standarnya dari ukuran 14 inci jadi 15 inci.

Selain itu, dengan lebar tapak 205, posisi ban sudah agak keluar dari sisi mobil.

Baca juga: Warga Jateng Belum Bisa Pesan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

"Dengan tapak yang lebih lebar, otomatis setir jadi terasa lebih berat saat akan dibelokkan, tapi ketika jalan lurus kemudi jadi lebih stabil," jelas Mika lebih lanjut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X