Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Aman Pakai Ban Balap untuk Motor Harian

Kompas.com - 16/03/2021, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi pada sepeda motor yang paling mudah dilakukan yaitu dengan mengganti ban. Ketika mengganti ban dengan model yang lebih keren, misalnya pilihan dengan spesifikasi balap, alasannya karena punya tampilan motor makin sporty.

Selain itu beberapa merek ban sudah membuat produk ban khusus untuk motor balap. Lalu bagaimana jika ban balap tersebut dipasang ke motor harian?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, selama ban balap yang digunakan merupakan street legal, maka akan baik-baik saja jika digunakan untuk harian.

Baca juga: Harga Xpander Bekas Setelah Ada Diskon PPnBM untuk Mobil Baru

Yamaha Mio Z bermesin sama dengan Mio M3, tapi punya ukuran ban lebih besar untuk kestabilan.Istimewa Yamaha Mio Z bermesin sama dengan Mio M3, tapi punya ukuran ban lebih besar untuk kestabilan.

“Kalau yang street legal enggak masalah, grip lebih bagus dibanding ban biasa, handling dan stability-nya juga. Hanya saja keausan bannya lebih cepat karena memakai compound yang high grip,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (15/3/2021).

Artinya, akan ada sisi kekurangan bagi pengguna motor, yaitu ban lebih cepat aus, sehingga waktu penggantian relatif lebih cepat ketimbang ban biasa.

Begitu juga yang dikatakan Technical Service & Development Department Head ban FDR Jimmy Handoyo. Ban balap memakai soft compound sehingga lebih bagus performanya dibanding ban biasa.

Baca juga: Harga LMPV Bekas Setelah Diskon PPnBM, Avanza Mulai Rp 120 Jutaan, Confero Rp 90 Jutaan

Grip-nya lebih baik sehingga enak dipakai. Namun selain lifetime yang lebih singkat, harganya juga lebih mahal dibanding ban regular,” ucap Jimmy kepada Kompas.com.

Kemudian ketika dipakai di jalanan basah atau hujan, grip ban balap memang tidak sebagus saat kering. Namun apabila memakai ban balap untuk kondisi basah, cukup baik grip-nya.

Ban balap saat hujan masih aman, namun dijaga saja kecepatannya,” kata Jimmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com