Kompas.com - 15/03/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi Daihatsu Terios Dok. ADMIlustrasi Daihatsu Terios

SOLO, KOMPAS.com - Daihatsu Terios jadi mobil low sport utility vehicle (LSUV) yang diandalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merk Daihatsu di Indonesia.

Terios resmi mengaspal di Indonesia sejak awal 2007 dan setelahnya pada 2018 dirilis All New Terios sebagai versi penyegaran dengan berbagai pembaharuan.

Untuk Terios versi lama, ukuran velg standar yang digunakan berukuran 16 inci. Sementara untuk versi New Terios velg standarnya ukuran 16 dan 17 inci.

Umumnya, pemilik Terios memodifikasi kaki-kaki Terios dengan mengganti velg menjadi berukuran 18 inci. Bahkan terkadang ada yang mengganti velg dengan ukuran 20 inci.

Baca juga: Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Dibuat Khusus dengan Tangan

Sugeng selaku staff marketing di Fortune Motorsport Solo menjelaskan bahwa ada batas ukuran maksimal untuk mengganti velg Terios agar tetap aman dan nyaman dalam dikendarai.

Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.Istimewa Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.

"Maksimal 18 inci jika tidak ingin melakukan banyak ubahan dan tetap nyaman dikendarai. Ada yang ganti sampai ukuran 20 inci, tapi konsekuensinya ban jadi tidak setebal biasanya," kata Sugeng saat ditemui Kompas.com pada Senin (15/3/2021).

Sugeng menyarankan untuk terlebih dulu menentukan tujuan mengganti velg sebelum melakukan penggantian. Apakah ingin mengutamakan kenyamanan berkendara atau ingin menambah nilai estetika.

Lalu bagi yang masih awam dengan modifikasi variasi velg, perhatikan velg yang akan dipasang apakah produk orisinal atau replika.

Baca juga: Tertarik Punya Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Ini Syaratnya

Membedakan velg orisinal dengan replika dapat dilihat dari lambang pada bagian belakang velg. Terdapat lambang merk dan logo SNI pada produk orisinal yang tidak dimiliki produk replika.

Selain itu, membedakan velg orisinal dengan replika dapat dilihat pada bagian center bore atau lubang tengah pada velg.

"Umumnya pada velg replika center bore-nya agak longgar," kata Sugeng.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X