Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Pakai Raiser buat Tinggikan Setang Motor?

Kompas.com - 12/03/2021, 17:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com Raiser sebagai peninggi handlebar atau setang sepeda motor kerap dipasang oleh beberapa pemilik kendaraan demi alasan kenyamanan.

Pemasangan raiser pada setang motor bertujuan agar posisi lebih tinggi sehingga pengendara dapat duduk lebih tegak.

Selain pemasangan raiser, ada juga pengendara yang mengganti handlebar dengan variasi yang lebih tinggi.

Namun, apakah amankah memasang raiser pada setang motor?

Joko Suparman selaku Kepala Mekanik Bengkel Ahass Sumber Motor Sragen mengatakan, pemasangan raiser atau meninggikan demi alasan kenyamanan sebenarnya bisa saja, tapi dengan beberapa catatan khusus.

Baca juga: Melirik Perangkat Aerodinamika Baru pada Ducati Desmosedici GP21

"Sebenarnya dari pabrikan sudah memperhitungan tinggi stang motor dengan panjang kabel dan selang yang menyambung pada stang seperti kabel gas, kabel tuas kopling, dan selang rem. Pemasangan raiser yang sembarangan tanpa memperhitungan dan menyesuaikan panjang kabel-kabel tersebut yang berbahaya," jelas Joko saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (11/3/2021).

Raiser sebagai peninggi pada stang motor.CB Blogger Raiser sebagai peninggi pada stang motor.

"Saat berkendara di jalan lurus mungkin tidak terasa, tapi saat berbelok terkadang kabel bisa mentok. Jika terlalu mentok, bisa memperpendek umur kabel dan selang itu. Risiko terburuk bisa menyebabkan kecelakaan," tambah Joko.

Oleh karena itu, diperlukan perhitungan dan penyesuaian yang matang sebelum memasang raiser atau mengganti setang motor dengan variasi yang lebih tinggi.

Baca juga: [VIDEO] Hitung Konsumsi BBM Honda All New PCX 160

Jika ingin melakukan penggantian kabel-kabel dan selang dengan versi yang lebih panjang. Dianjurkan untuk menggunakan kabel dan selang yang telah memiliki standar kualitas yang baik, agar tidak terjadi kerusakan pada motor di kemudian hari.

Selalu jadi catatan penting bahwa keamanan dalam berkendara tetap menjadi poin utama ketika akan melakukan variasi pada sepeda motor yang dikendarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com