Tren Pasang Lampu Tambahan pada Bus Lintas Sumatera

Kompas.com - 10/03/2021, 17:01 WIB
Bus AKAP PO Putera Pelangi kba.oneBus AKAP PO Putera Pelangi

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) setiap daerah ternyata memiliki cirinya masing-masin. Misalnya seperti bus AKAP dengan tujuan ke atau di Sumatera, biasanya memakai tameng besi di depan dan mengangkut paket di atapnya.

Selain dua ciri tadi, bus AKAP di Sumatera memiliki ciri khas lainnya, yaitu lampu sorot atau tembak yang dipasang di bumper depan. Lampu ini sebagai tambahan dari lampu utama dan digunakan saat malam hari.

Anggota Forum Bismania Indonesia Asrul Arifin Siregar mengatakan, sekitar 80 persen sampai 90 persen bus AKAP di Sumatera yang menambah lampu sorot di bagian depan busnya.

Baca juga: Tesla Tidak Batal Investasi di Indonesia, tetapi Bukan Bikin Pabrik Mobil

Bus AKAP PO SAN lewati Sitinjau LauikKoropak.co.id Bus AKAP PO SAN lewati Sitinjau Lauik

“Memang ada beberapa yang enggak pasang, seperti PO Medan Jaya sepertinya tidak memasangnya,” ucap Asrul kepada Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Lampu sorot ini juga tidak hanya dipasang ke bus-bus yang sudah tua, bus baru pun memakainya. Asrul mengatakan, kondisi jalan di Sumatera memang rata-rata gelap ketika malam, jadi lampu tambahan ini membantu pengemudi saat mengemudi.

Baca juga: Bengkel Rumahan di Yogya Bikin Replika Supercar, Tanpa Iklan Bisa Banjir Pesanan

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan juga mengatakan, armada PO SAN tidak memakai lampu tambahan tersebut, jadi tidak semuanya menggunakan aksesoris ini.

“Di beberapa titik memang PJU sangat minim. Namun untuk PO SAN, masih cukup menggunakan lampu bawaan dari karoseri, jadi tidak menambah lampu sorot,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.