Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Oli JASO MA dan JASO MB

Kompas.com - 03/03/2021, 17:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap pelumas atau oli memiliki kode huruf dan angka tertentu. Tujuannya untuk menunjukkan kualitas dan fungsi oli tersebut.

Salah satu yang dapat dilihat ialah kode JASO pada kemasan oli sepeda motor, yang diikuti dengan kode JASO MA atau JASO MB.

JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standart Association. Merupakan lembaga di Jepang yang mengecek standar kualitas oli.

Baca juga: Beda Bahan Pembentuk Oli dan Gemuk

Yamaha melansir oli baru Yamalube XP-50.Foto: Yamaha Yamaha melansir oli baru Yamalube XP-50.

Lantas apa perbedaan oli JASO MA dan JASO MB?

Brahma Putra Mahayan, Jr Technical Specialist Pertamina Lubricants, mengatakan, perbedaan keduanya terletak pada tingkat kelicinan pelumas itu sendiri.

"JASO spek motor 4-tak terbagi dua, JASO MA dan JASO MB. Kode MA ialah pelumas yang tidak terlalu lincin, tapi MB licin," katanya dalam Pertamina Lubricants Workshop belum lama ini.

JASO MA digunakan untuk motor dengan kopling basah seperti bebek dan sport. Sedangkan JASO MB untuk motor dengan kopling kering seperti motor skutik.

"Kenapa JASO menetapkan ini (JASO MA dan JASO MB), karena yang banyak mengeluarkan motor tipe ini ialah Jepang," kata Brahma.

Baca juga: Mengapa Dilakukan Penambahan Aditif pada Pelumas Kendaraan

Oli motorotoengine.com Oli motor

Brahma mengatakan, JASO MA cocok untuk mesin dengan kopling basah karena speknya sengaja dibuat tidak selicin JASO MB agar tidak terjadi selip kopling.

"Oli motor bebek, kopling sentrifugal memakai kopling basah, olinya tidak boleh terlalu licin. Kenapa, kalau terlalu licin kopling selip dan perpindahan gigi tidak enak," katanya.

"Makanya ada pelumas yang pakai tenologi anti selip kopling. Ada aditif modifier, jadi sebetulnya gesekan kadang diperlukan juga," kata Brahma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com