Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penempatan Posisi Speaker pada Kabin Bus dengan Alasannya

Kompas.com - 03/03/2021, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

o

JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem hiburan lazim ditemukan pada setiap bus di Indonesia, mulai jenis AKAP atau pariwisata. Umumnya, ada televisi layar datar di bagian depan dengan sistem audio pendukung sehingga jangkauan suara terdengar sampai penumpang yang duduk di bangku paling belakang.

Sistem audio ini, biasanya menggunakan beberapa speaker di kabin. Kalau di mobil penumpang, speaker biasanya melekat pada konsol pintu (doortrim).

Lantas, bagaimana kalau posisi speaker di kabin bus punya bodi panjang?

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, umumnya speaker yang ada di kabin bus posisinya ada pada ruang bagasi penumpang,  di atas kepala penumpang.

Baca juga: Simak Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Speaker pada bando busIstimewa Speaker pada bando bus

“Selain itu ada juga yang dipasang pada louver AC. Kalau di Laksana, ada speaker opsional yang ditempatkan dekat pintu masuk bagian depan,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Alasan speaker ada di bagasi atas kepala penumpang ini yaitu menghemat tempat. Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, peletakan speaker memerhatikan kenyamanan dari penumpang.

Speaker di atas untuk memanfaatkan bagasi, agar ruang untuk penumpang tidak jadi korbannya. Selain itu, untuk subwoofer ada di panel depan, di bawah bangku kernet,” kata Dimas kepada Kompas.com.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak dan Diskon, Harga Toyota Avanza Jadi Jauh Lebih Murah

Standarnya, karoseri memberi tiga pasang speaker yang ada di kabin bus. Namun pemesan bus juga bisa meminta tambahan speaker sebanyak satu pasang, jadi totalnya ada delapan speaker di kabin bus.

“Kalau di Tentrem, ada lagi opsional speaker yang dipasang di balik bando atau sekat kaca depan,” ucap Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com