Penempatan Posisi Speaker pada Kabin Bus dengan Alasannya

Kompas.com - 03/03/2021, 11:22 WIB
Speaker kabin bus karoseri-id.comSpeaker kabin bus

o

JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem hiburan lazim ditemukan pada setiap bus di Indonesia, mulai jenis AKAP atau pariwisata. Umumnya, ada televisi layar datar di bagian depan dengan sistem audio pendukung sehingga jangkauan suara terdengar sampai penumpang yang duduk di bangku paling belakang.

Sistem audio ini, biasanya menggunakan beberapa speaker di kabin. Kalau di mobil penumpang, speaker biasanya melekat pada konsol pintu (doortrim).

Lantas, bagaimana kalau posisi speaker di kabin bus punya bodi panjang?

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, umumnya speaker yang ada di kabin bus posisinya ada pada ruang bagasi penumpang,  di atas kepala penumpang.

Baca juga: Simak Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Speaker pada bando busIstimewa Speaker pada bando bus

“Selain itu ada juga yang dipasang pada louver AC. Kalau di Laksana, ada speaker opsional yang ditempatkan dekat pintu masuk bagian depan,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Alasan speaker ada di bagasi atas kepala penumpang ini yaitu menghemat tempat. Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, peletakan speaker memerhatikan kenyamanan dari penumpang.

Speaker di atas untuk memanfaatkan bagasi, agar ruang untuk penumpang tidak jadi korbannya. Selain itu, untuk subwoofer ada di panel depan, di bawah bangku kernet,” kata Dimas kepada Kompas.com.

Baca juga: Dapat Insentif Pajak dan Diskon, Harga Toyota Avanza Jadi Jauh Lebih Murah

Standarnya, karoseri memberi tiga pasang speaker yang ada di kabin bus. Namun pemesan bus juga bisa meminta tambahan speaker sebanyak satu pasang, jadi totalnya ada delapan speaker di kabin bus.

“Kalau di Tentrem, ada lagi opsional speaker yang dipasang di balik bando atau sekat kaca depan,” ucap Dimas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X