Intip Motorhome, Karoseri Berkonsep Apartemen Para Pebalap MotoGP

Kompas.com - 03/03/2021, 10:42 WIB
Motorhome milik VR46 Dok. RiojaMotorhome milik VR46

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pebalap top memiliki truk trailer sendiri untuk beristirahat di sela-sela kegiatan balap di sirkuit. Truk trailer sejatinya merupakan produk karoseri, yang disebut dengan istilah motorhome.

Daripada harus bolak-balik ke hotel, tentu akan praktis untuk memiliki kamar hotel yang bisa berjalan. Dengan begitu, meski sedang berada di sirkuit, para pebalap MotoGP bisa mendapatkan kenyamanan seperti sedang berada di hotel.

Baca juga: Bentuk Motorhome yang Bisa Angkut Mobil

Truk trailer yang dimodifikasi sedemikian rupa ini bisa menghadirkan berbagai fasilitas, mulai kamar tidur, dapur, toilet, ruang tamu, kulkas, sampai perangkat hiburan PlayStation, dan lainnya.

Motorhome milik VR46Dok. Rioja Motorhome milik VR46

Saat diparkir, truk ini bisa ditarik beberapa bagiannya hingga melebar dan menciptakan ruang yang lebih lega di dalam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Motorhome ini biasanya dibangun dengan basis dari truk Mercedes-Benz, Renault, Volvo, Fleetwood, Monterey, Rioja, dan lainnya.

Baca juga: Modifikasi Motorhome, Pertimbangkan Tiga Mode Kabin Ini

Dikutip dari Paulsannen.com, Selasa (2/3/2021), harga sewa motorhome bisa mencapai 55.000 euro atau sekitar Rp 926 jutaan, untuk satu musim atau satu tahun.

Motorhome milik HJCDok. Paulsannen.com Motorhome milik HJC

Selain menjadi kamar, motorhome juga ada yang dimodifikasi menjadi kantor, seperti truk milik VR46, HJC, Dainese, dan lainnya.

Valentino Rossi menggunakan motorhome dari hasil kreasi Rioja Vehicle, perusahaan karoseri asal Spanyol yang sudah membuat kendaraan khusus sejak 1860.

Motorhome milik VR46Dok. Rioja Motorhome milik VR46

Motorhome berwarna hitam dengan tulisan VR46 ini memiliki tiga kamar tidur, dua kamar mandi, dan dapur. Selain itu, terdapat pula bar dan ruang TV, serta ruang rapat.

Dikutip dari Automotorinews.it, Selasa (2/3/2021), harga motorhome bisa mencapai 350.000 euro atau sekitar Rp 6 miliar, belum termasuk truk pengangkutnya.

Motorhome milik VR46Dok. Rioja Motorhome milik VR46

Ditambah lagi, untuk mengisi bahan bakarnya, butuh biaya sebesar 1.000 euro atau sekitar Rp 17 jutaan, untuk sekali pengisian penuh.

Penasaran ingin lihat interiornya? Silakan tonton video di bawah ini:


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.