Insentif Pajak Berlaku untuk Mobil VIN 2020? Ini Tanggapan Honda

Kompas.com - 03/03/2021, 08:12 WIB
Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor. KOMPAS.com/Aditya MaulanaAndalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor resmi berlaku sejak 1 Maret 2021.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.20PMK.010/2021 tentang PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Baca juga: Dapat Pajak dan Diskon Diler, Daihatsu Luxio Lebih Murah Rp 40 Jutaan

Ada beberapa syarat mobil yang harus dipenuhi untuk mendapatkan PPnBM nol persen, yakni memiliki kandungan komponen lokal 70 persen dan berkubikasi mesin 1.500 cc ke bawah dengan penggerak 4x2.

Pemberian insentif ini terbagi dalam tiga periode. Masing-masing periode terdiri dari 3 bulan, dan memiliki jumlah potongan PPnBM yang berbeda. Dilakukan secara bertahap mulai dari 100 persen, 50 persen, hingga 25 persen.

Indonesia International Motor Show (IIMS)Indonesia International Motor Show (IIMS) Indonesia International Motor Show (IIMS)

Namun, masih ada beberapa pertanyaan yang timbul. Salah satunya adalah, apakah insentif tersebut juga akan diberikan untuk mobil baru dengan VIN 2020 ke bawah?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pada dasarnya penurunan harga berlaku untuk semua model yang terkena relaksasi PPnBM. Karena tidak ada konsumen yang mau beli mobil VIN lama dengan harga mahal kan?," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM saat dihubungi Kompas.com (2/3/2021).

Baca juga: Dishub DKI Uji Coba Insentif Parkir untuk Kendaraan Lulus Uji Emisi

Menurut Billy, keputusan tersebut tergantung dari masing-masing diler, sebab sebagai Agen Pemegang Merek (APM) hanya bertugas mengatur pengurangan harga sesuai dengan aturan relaksasi PPnBM yang berlaku.

“Seharusnya, diler akan melakukan penurunan harga untuk semua unitnya (VIN 2020) supaya bisa terjual,” kata Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.