Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Inden Toyota Raize Mulai Dibuka, Simak Estimasi Harganya | Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Kompas.com - 03/03/2021, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah muncul dalam Kepmenperin No. 169 Tahun 2021, dalam daftar mobil-mobil yang mendapatkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Kini beberapa diler Toyota sudah terpantau membuka inden Raize.

Sebelumnya, Raize jadi salah satu mobil baru yang banyak diperbincangkan beberapa waktu terakhir. Meski belum meluncur secara resmi, SUV kompak ini telah diketahui diproduksi secara lokal.

Konsumen yang meminang Raize berhak mendapatkan relaksasi PPnBM 100 persen dalam tiga bulan pertama pelaksanaan aturan tersebut.

“Konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan inden dengan cara memberikan booking fee sebesar Rp 5 juta,” ujar salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Utara, kepada Kompas.com (28/2/2021)

Selain itu yang tak kalah menarik, soal mobil MPV murah yang turun harga imbas PPnBM bulan ini.

Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 2 Maret 2021.

Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.DOK. SIM/Bank Kanchanavilai Ilustrasi Suzuki Ertiga yang diekspor ke luar negeri.

1. Simak Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Baru saja mengalami kenaikan harga pada Februari lalu, kini memasuki bulan ketiga tahun 2021, harga low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah kembali turun.

Hal tersebut lantaran berlakunya kebijakan insentif PPnBM 0 persen yang dikeluarkan pemerintah sebagai upaya meningkatkan penjualan sekaligus mendorong perekonomian nasional.

Nah, penurunan harga MPV murah pada Maret 2021 jumlahnya lumayan karena berdasarkan data yang dikeluarkan agen tunggal pemegang merek ( ATPM), kisarannya rata-rata di atas Rp 10 juta.

Contoh seperti MPV sejuta umat Toyota, yang turun hingga Rp 13 jutaan, lalu Wuling sebesar Rp 11,5 juta, Suzuki Rp 13 juta, dan Daihatsu mencapai Rp 14,750 juta.

Baca juga: Simak Menu MPV Murah yang Turun Harga Imbas PPnBM Bulan Ini

Pemesanan Grand new Toyota AvanzaStanly Ravel Pemesanan Grand new Toyota Avanza

2. Dapat Insentif Pajak dan Diskon, Harga Toyota Avanza Jadi Jauh Lebih Murah

Sejalan dengan pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) hingga nol persen untuk pembelian mobil baru tahun ini, PT Toyota Astra Motor melakukan penyesuaian harga jual terhadap beberapa modelnya.

Salah satu model Toyota yang mendapatkan diskon akibat PPnBm 0 persen adalah Toyota Avanza.

Tidak hanya mendapat relaksasi PPnBM 0 persen, Toyota Avanza juga mendapatkan potongan harga yang cukup menggiurkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com