Catat, Ini Bedanya Bus Suites Class dengan Sleeper

Kompas.com - 25/02/2021, 17:22 WIB
Sleeper Bus phinemo.comSleeper Bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, model bus suites class mulai ramai di Indonesia. Pertama ada karoseri Laksana yang membuatnya, kemudian diikuti oleh Adiputro dan baru-baru ini Tentrem juga turut membuat bus dengan konsep yang serupa.

Namun sebelum tren suites class tadi, sebenarnya juga ada sleeper bus. Sleeper bus ini banyak beroperasi di wilayah Sulawesi. Modelnya seperti kasur bertumpuk yang ada di kabin bus, sehingga penumpang bisa tiduran.

PO bus yang memiliki armada sleeper bus diantaranya PO Putra Jaya dan Bintang Prima di Makassar. Dalam sleeper bus, terdiri dari berbagai kelas dan kasur sebagai kelas tertingginya. Posisi kasur ini biasanya ada di belakang kabin bus.

Baca juga: Sopir Angkot Lawan Arah Tabrak Motor, Pilih Denda atau Dibui?

Kabin Suites ClassKaroseri Laksana Kabin Suites Class

Jadi untuk kursi di bagian depan sampai tengah, bisa dikatakan kelas eksekutifnya. Sedangkan khusus di kabin belakang, terdiri dari empat sampai delapan kasur yang disusun bertumpuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk suites class, kabin bus dibuat khusus seperti kabin personal di pesawat. Untuk duduk penumpang pun bukan pakai kasur, melainkan kursi dengan sandaran kaki panjang serta sandaran punggung yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, sleeper bus sebenarnya tidak sesuai dengan PP Nomor 55 Tahun 2012. Intinya dalam bus tidak boleh menyertakan kasur, harus kursi.

Baca juga: Suzuki Karimun 3 Baris Bakal Masuk Indonesia?

kursi suites class laksanaKompas.com/Fathan Radityasani kursi suites class laksana

“Regulasi dari pemerintah tidak memperbolehkan tempat tidur. Pada PP Nomor 55 Tahun 2012, untuk uji tipe, yang tertera adalah jumlah kursi atau tempat duduk, bukan tempat tidur,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, kursi yang dipasang ke suites class sudah menyertakan sabuk pengaman sebagai peranti keselamatan penumpang. Kalau kasur yang ada di sleeper bus tanpa sabuk pengaman, jadi kurang aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.