Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2021, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Bank Indonesia (BI) melonggarkan ketentuan uang muka kredit atau down payment (DP) menjadi paling sedikit 0 persen untuk pembelian sepeda motor dan mobil baru.

Aturan ini merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui industri otomotif. Kebijakan ini mulai berlaku pada 1 Maret hingga 31 Desember 2021.

Vice President Sales BMW Indonesia Bayu Riyanto mengatakan, menyambut baik atas aturan yang dapat memudahkan orang untuk membeli kendaraan baru, terutama untuk segmen mobil premium.

Baca juga: Peluang Dimas Ekky Jadi Wild Card di Moto2

“Tentu dengan DP 0 persen kami berharap akan ada satu peluang lagi untuk membesarkan volume penjualan, dan tentunya akan berpengaruh pada nilai presentase mobil premium yg akan dikreditkan,” ujar Bayu pada sesi virtual, Rabu (24/2/2021).

Walaupun kondisi tersebut belum terbukti dapat menaikan penjualan, tapi BMW Indonesia berharap dengan stimulus yang ada bisa menjadi salah satu penawaran bagi pelanggan.

Tina Antonia (Kiri), Branch Manager BMW Astra Serpong menyapa pelanggan saat ''BMW On Tour'' di dealer BMW Astra Serpong, Tangerang, Sabtu (17/10/2020). BMW Indonesia menggelar program penjualan pada masa PSBB transisi pandemi Covid-19 di 8 jaringan diler resmi BMW Group Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan sanitasi.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Tina Antonia (Kiri), Branch Manager BMW Astra Serpong menyapa pelanggan saat ''BMW On Tour'' di dealer BMW Astra Serpong, Tangerang, Sabtu (17/10/2020). BMW Indonesia menggelar program penjualan pada masa PSBB transisi pandemi Covid-19 di 8 jaringan diler resmi BMW Group Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan sanitasi.

Selain itu, Bayu mengatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan lembaga pembiayaan.

“Keputusan ini harus seiring dengan kesiapan dari sisi bank atau finansial yang akan mendukung DP 0 persen ini,” kata Bayu.

Baca juga: Kenali Ciri Fan Belt Mobil Aus, Salah Satunya Suara Berdecit

Sebab menurutnya, jika mengacu pada kondisi presentase kredit di mobil segmen premium, biasanya 60 sampai 70 persen pembelian secara tunai, dan 30 sampai 40 persen kredit.

"Oleh karena itu kami akan mempelajari dan berkoordinasi dengan lembaga pembiayaan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com