Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng BRI, Pertashop Salurkan BBM Hingga Pelosok

Kompas.com - 25/02/2021, 09:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan bakar minyak (BBM) dan LPG telah menjadi salah satu kebutuhan pokok warga Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya, menjaga ketersediaan jadi hal penting.

Sejalan dengan tekad tersebut, PT Pertamina meneruskan penjajakan pola kemitraan Pertashop melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) bersama Bank Rakyat Indonesia.

"Sebagai bank dengan jaringan akses dan jaringan terluas di Indonesia hingga ke pedesaan, kerja sama ini bisa berjalan baik. Harapannya, kami bisa segera memperluas layanan serta akses energi yang mudah bagi masyarakat," kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Selama Pandemi Ribuan Orang Lebih Pilih Berdesak-desakan ke Samsat

Pertamina Pertashop (dok. Pertamina) Pertamina Pertashop (dok. Pertamina)

Sosialisasi Pertashop melalui fasilitas KUR ditujukan bagi 5.000 Agen Brilink yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan wujud sinergi BUMN untuk mempercepat pemerataan energi berkualitas diseluruh Indonesia.

Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi berskala kecil Pertamina dan salah satu implementasi Program One Village One Outlet (OVOO). Pertashop diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi nasional, dimana energi tidak berhenti hanya di SPBU, tapi hingga ke desa-desa.

Hingga saat ini, sudah beroperasi 1.371 Outlet Pertashop yang tersebar di seluruh Indonesia, dan tahun 2021 Pertamina menargetkan hingga 12.000 outlet.

Baca juga: Kemenperin Gandeng NEDO untuk Elektrifikasi Kendaraan Bermotor

Gandeng BRI, Pertashop Salurkan BBM Hingga Ujung Negeri Gandeng BRI, Pertashop Salurkan BBM Hingga Ujung Negeri

“Dengan jaringan Agen Brilink dan fasilitas KUR yang ditawarkan, harapannya jumlah Pertashop yang beroperasi dapat terus meningkat guna mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut,” tambah Putut.

Untuk pola Kerjasamanya, ada tiga (3) tipe Pertashop yang ditawarkan, Gold (210 m2 kapasitas tanki 3 Kilo Liter), Platinum (300 m2 kapasitas tanki 10 KL), dan Diamond (500 m2 kapasitas tanki 10 KL).

Perbedaan besaran lahan akan berpengaruh terhadap layanan bisnis nonfuel retail (NFR) yang dapat beroperasi, misalkan agen pulsa, toko sembako, mini market, kafe/restoran, bengkel, dan bisnis turunan lainnya.

Baca juga: Sopir Angkot Lawan Arah Tabrak Motor, Pilih Denda atau Dibui?

 Salah satu gerai Pertashop yang dihadirkan Pertamina di Tol Trans-Jawa. (Dok. Humas Pertamina). Salah satu gerai Pertashop yang dihadirkan Pertamina di Tol Trans-Jawa.

Adapun syarat pengajuannya mudah, hanya ada dua kriteria yakni administrasi persyaratan dan lokasi.

Jika kriteria ini sudah terpenuhi, seluruh operasional Pertashop juga akan dipastikan sudah sesuai dengan standar keselamatan serta standar kualitas produknya akan terjamin serta disuplai langsung dari terminal BBM terdekat.

“Sinergi dengan Sub Holding Commercial & Trading, BRI akan memberikan fasilitas KUR kepada calon mitra Pertashop, Agen Brilink, dan nasabah lainnya," kata Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto.

"Ini merupakan komitmen BRI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, dan dengan dukungan dari BRI ini, harapannya layanan penyediaan energi bagi masyarakat bisa menjangkau hingga pelosok negeri,” tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com