Menyapa Bintang Crazy Fast Indonesian, Porsche Cayman Berjubah Karma

Kompas.com - 24/02/2021, 11:02 WIB
Porsche Cayman 987.2 Karma x CRK Crazy Fast Indonesia KOMPAS.COM/STANLY RAVELPorsche Cayman 987.2 Karma x CRK Crazy Fast Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Boleh dibilang modifikasi supercar di Indonesia sangat jarang ditemui, bahkan mungkin bisa dihitung pakai jari. Karena itu, saat ada yang muncul pasti langsung menjadi pusat perhatian.

Salah satunya seperti modifikasi Porsche Cayman 987.2 milik Chandra Kurniawan yang tampil mempesona dengan body kit KARMA karya Kiki Anugraha. Tak tanggung-tanggung, mobil ini juga cukup viral usai menjadi bintang utama di film pendek Crazy Fast Indonesian.

Ketenaran Porsche berkelir merah ini tak hanya di dalam negeri, beberapa media asing yang memiliki nama besar di dunia modifikasi juga ikut memburunya.

Tongkrongan supercar asal Jerman ini memang tak main-main, melalui racikan KARMA Bodykit yang diklaim hanya satu-satunya di dunia, aura agresifnya "auto" keluar. Namun tetap mengedepankan tampilan sopan yang elegan.

Baca juga: Modifikasi S-Class Bergaya Stance ala Dokter Spesialis

Porsche Cayman 987.2 Karma x CRK Crazy Fast IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Porsche Cayman 987.2 Karma x CRK Crazy Fast Indonesia

Menurut Chandra, atau akrab disapa CRK, proses pembuatan Porsche yang perdana tampil di Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 tersebut memang memakan waktu panjang. Tak sekadar plug n play, tapi banyak penyesuain yang dilakukan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mobil ini keluaran 2011, awalnya ingin modifikasi Cayman ini supaya terlihat muda. Paling menarik saat proses pembuatan body kit Karma CRK ini, karena memakan waktu panjang sampai 13 bulan, jadi alur teknisnya itu panjang sekali," ucap CRK kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Syaratnya waktu itu minta agar mobil ini tak hanya keren saja, tapi bisa nyaman dipakai harian dan modifikasinya bisa tampil mewakili Indonesia di ajang internasional," kata dia.

Menurut CRK, proses pembuatan body kit dimulai jelang akhir 2019 silam, itu pun dia harus memenuhi beberapa syarat juga. Mulai dari tidak menggunakan mobil kurang lebih 9 bulan, melihat langsung prosesnya, sampai berkolaborasi dengan modifikator lokal lainnya.

Porsche Cayman 987.2 Karma x CRK Crazy Fast IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Porsche Cayman 987.2 Karma x CRK Crazy Fast Indonesia

Tahapan modifikasinya memang melibatkan beberapa modifikator lokal ternama, seperti Signal, Vino Platinum, Tech Pro, dan lainnya. Tak heran meski desain Porsche masih melekat, namun saat melihat visualnya sudah berubah 180 derajat, jauh dari tampilan sportcar yang sudah berumur. 

Baca juga: Intip Body Kit Honda Civic Estilo Pertama Buatan Lokal

"Dari proses panjang itu, mobil ini selesai satu minggu sebelum IMX, mepet sekali. Lalu kita dapat slot mewakili Indonesia di SEMA dan Osaka Otomese, namun karena pandemi, acara itu gagal diadakan. Sempet kecewa, tapi setidaknya sudah jadi pride sendri, bahkan media internasional banyak yang repost Porsche ini," ucap CRK.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X