Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coating Bisa Bikin Cat Mobil Awet meski Kena Hujan

Kompas.com - 23/02/2021, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu metode yang bisa diterapkan pemilik kendaraan saat musim hujan adalah melakukan perlindungan pada cat mobil berupa coating.

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, melakukan coating sangat baik terutama di musim hujan karena cat akan memiliki efek hydrophobic (daun talas).

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Beli Mobil Bekas Banjir atau Bekas Tabrakan?

“Air hujan memiliki kandungan mineral, dan jika mengering di bodi bisa membuat noda air (water spot) atau jamur. Dengan melakukan coating, cat punya efek daun talas, sehingga noda yang menempel akan jauh lebih sedikit,” ujar Christopher saat dihubungi Kompas.com.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Robby Kurnia, CEO Autoglaze. Menurut Robby, air hujan yang kering pada bagian mobil bisa menimbulkan bercak seperti garam.

Adapun coating melindungi dari hal-hal semacam itu karena esensi coating ialah menambah lapisan di atas cat.

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Kendati demikian, Robby menyarankan pemilik mobil untuk tetap membilas seluruh bagian eksterior mobil menggunakan air setelah diguyur hujan. Alasan utama, untuk menjaga bodi mobil tidak cepat timbul jamur atau warna cat menjadi pudar.

Baca juga: Harga Beda Jauh, Apa Saja Perbedaan Toyota GR Yaris dan TRD Sportivo

Saat mencuci kendaraan disarankan tidak menggunakan sampo dengan pH tinggi. Bahkan, dengan air besih saja sudah cukup agar lebih aman.

“Sehabis hujan sebaiknya mobil langsung dibilas atau dicuci pakai air saja tanpa menggunakan sabun, yang penting pastikan dilap sampai benar-benar kering di seluruh bagian eksteriornya,” kata Robby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com