Tips Memilih Helm Full Face, Jangan Sampai Kekecilan

Kompas.com - 22/02/2021, 13:12 WIB
Promo Helm Full Face di IMOS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaPromo Helm Full Face di IMOS 2018

 

 

JAKARTA, KOMPAS.comHelm merupakan peranti keselamatan yang harus dikenakan pengendara motor. Fungsi helm yakni meredam benturan jika terjadi kecelakaan, sehingga kepala pengendara tidak mengalami luka parah.

Salah satu model helm yang direkomendasikan karena keamanannya adalah full face. Helm ini melindungi seluruh bagian dari kepala, mulai dari muka sampai dagu. Namun ada beberapa tips bagaimana memilih helm full face yang pas.

Pegiat dari Komunitas Belajar Helm Ahmad M mengatakan, ukuran helm itu harus pas di kepala, tidak boleh terlalu sempit maupun kelonggaran.

Baca juga: Seberapa Aman Mobil Listrik Bisa Melintasi Banjir?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500
RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500

“Sebab ketika sempit akan membuat pengendara merasa pusing karena kening dan telinga yang tertekan. Pada akhirnya ganggu konsentrasi ketika berkendara," kata Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sedangkan helm yang terlalu longgar tidak disarankan karena ketika terjadi benturan, kepala tidak benar-benar dilindungi oleh helm. Kepala akan terguncang membentur dinding pada busa helm yang berpotensi mengakibatkan cedera dalam.

"Jadi sangat penting untuk melakukan fitting ketika membeli helm. Sesekali, helm digoyang-goyangkan dan rasakan apakah kening dan telinga terasa sakit atau tidak," kata Ahmad.

Baca juga: Viral Video Sopir Angkot Ketiduran Hingga Tabrak Mobil Lain

RSV Luncurkan RSV SV500

RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500
RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500

Mengawali semester 1 di tahun 2021, RSV Helmet salah satu produsen helm sepeda motor asal Indonesia resmi meluncurkan varian terbaru yang disebut RSV SV500.

RSV SV500 yang hadir dengan tiga motif ini telah memiliki tiga sertifikasi, yakni Standar Nasional Indonesia (SNI), Departmen Of Transportation (DOT) dan Economic Commision for Europe (ECE).

"Kami yakin RSV SV 500 ini akan menjadi pilihan lain bagi customer RSV atau pengguna motor pada umumnya untuk dapat menggunakan helm sesuai dengan kebutuhannya masing-masing,” ungkap Richard Ryan, Executive Director dari RSV Helmet Indonesia dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (22/2/2021).

RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500
RSV SV500DOK. RSV HELMET RSV SV500

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.