Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip dari Kiri dan Menabrak, Butuh Ekstra Sabar Saat di Belakang Truk

Kompas.com - 19/02/2021, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil dan truk. Video kecelakaan tersebut diunggah oleh akun Romansa Sopir Truck di Instagram.

Pada video tersebut, terlihat mobil menyalip truk dari kiri, kehilangan kendali dan menabrak bagian belakang truk lainnya. Alasan kerasnya benturan tabrakan, mobil sempat tersangkut di bagian belakang bawah truk.

Menanggapi kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, bisa dilihat kalau pengemudi tidak sabar atau tidak mau antre, sehingga melakukan tindakan yang tidak terukur.

Baca juga: Cerita Sutrisno, Dapat Uang Rp 15, 8 M Langsung Beli HR-V, Xpander, Innova, dan Pikap

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

“Mendahului dari kiri adalah keputusan yang salah, selain tidak diperbolehkan, risikonya juga tinggi karena tidak terlihat oleh pengemudi truk dan ruangnya juga tidak ada,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Kemudian, Sony juga mengatakan ada perhitungan yang salah dari si pengemudi. Sehingga pengemudi melakukan manuver yang diluar kendalinya dan menabrak obyek statis dan tidak mampu mengerem mobilnya dengan sempurna.

Mengemudi di belakang truk memang mengundang emosi karena lajunya yang pelan dan berbahaya apabila tidak menjaga jarak atau di tanjakan,” kata Sony.

Baca juga: Jadi Makin Murah, Ini Deretan Mobil Daihatsu yang Dapat Relaksasi Pajak

Oleh karena itu, jika berada di belakang truk, harus menjaga jarak yang lebih aman dan sabar. Jika memang kondisinya aman secara waktu, lalu lintas dan adanya ruang, diperbolehkan untuk menyalip truk tersebut.

“Kalau pengemudi enggak sabar, pasti mengoperasikan mobilnya emosi atau kasar. Kalau sudah emosi, pasti risiko gagalnya tinggi,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com