Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Teruskan Pengembangan Motor Listrik E01

Kompas.com - 18/02/2021, 17:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor konsep Yamaha E01 pertama kali diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019. Sejak saat itu, Yamaha terus mengembangkan motor listrik tersebut pada platform baru.

Dikutip dari Rideapart.com, Kamis (18/2/2021), Yamaha sedang mengajukan merek dagang E01 pada European Union Intellectual Property Offic (EUIPO). Pihak EUIPO akan memberikan waktu tiga bulan jika ada pihak lain yang keberatan.

Baca juga: Bamsoet Perkenalkan Motor Listrik Baru, Harga di Bawah Rp 10 Juta

Setelah itu, Yamaha baru bisa menggunakan nama E01 pada motor listrik tersebut. Meski demikian, Yamaha masih bungkam soal rencana pembuatan motor listrik itu.

Motor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019Dok. Rideapart.com Motor listrik konsep Yamaha E01 di Tokyo Motor Show 2019

Diyakini Yamaha E01 nantinya akan menggunakan dinamo DC brushless, berpendingin udara, dan baterai lithium-ion. Pada bagian depannya, nampak dibuat mirip dengan YZF-R1.

Dari hasil render yang beredar, terlihat desainnya belum legal untuk digunakan di jalan raya. Ukuran spion masih terlalu kecil dan sepatbor belakang juga tidak memenuhi standar di Eropa. Namun, bagian tersebut masih mudah untuk dibenahi atau diubah.

Baca juga: Pegiat Motor Listrik Minta Aturan Konversi Lebih Sederhana

Disebutkan bahwa Yamaha E01 ini akan memiliki tenaga setara dengan skuter matik (skutik) dengan mesin berkapasitas 125 cc.

Selain Yamaha, beberapa pabrikan lain juga sudah memamerkan konsep dan mengembangkan motor listrik berbentuk skuter, seperti KTM, Aprilia, dan BMW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com