Makin Kompetitif, Tim Satelit Berpotensi Raih Gelar Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 15/02/2021, 18:21 WIB
Rider Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, merayakan kemenangan di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020). AFP/JOE KLAMARRider Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, merayakan kemenangan di MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM bisa dikatakan sebagai salah satu tim yang sukses musim lalu. Meskipun belum menjadi juara dunia, tapi tim pabrikan dan tim satelit KTM berhasil raih kemenangan.

Pada MotoGP 2020, KTM merasakan kemenangan berkat Brad Binder dari tim pabrikan dan dua kali dari Miguel Oliveira dari tim satelit.

Baca juga: Ditinggal Brivio, Suzuki akan Tetap Mencari Tim Satelit

Herve Poncharal, pemilik tim Tech3 KTM Factory Racing, mengatakan, sejak musim 2020, KTM sudah memberikan dukungan penuh. Motor yang digunakan oleh tim pabrikan dan tim satelit tidak ada perbedaan.

Pebalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, memimpin balapan selama Grand Prix MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli pada 13 September 2020.AFP/ANDREAS SOLARO Pebalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, memimpin balapan selama Grand Prix MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli pada 13 September 2020.

"Iker (Lecuona) dan Miguel punya motor yang sama seperti Pol (Espargaro) dan Brad. Ketika ada komponen baru datang, keempatnya bisa menggunakan komponen itu," ujar Herve, dikutip dari Speedweek.com, Senin (15/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Herve mengatakan, pebalap mana pun bisa menjadi pemenang di musim ini. Sebagian juga berpotensi raih gelar juara dunia, termasuk tim satelit.

Baca juga: Lorenzo Heran Yamaha Pindahkan Rossi ke Tim Satelit

"Ya. Hampir semua tim satelit sekarang menggunakan mesin yang sama, mereka mendapat dukungan yang sama dan dikembangkan bersamaan. Dan, tanpa mengurangi rasa hormat pada tim pabrikan, kami menang lebih banyak dari mereka," kata Herve.

Herve menambahkan, dirinya yakin tim satelit bisa menjadi juara dunia, berkat regulasi teknis yang berlaku, kemampuan pebalap, dan pabrikan yang terlibat di MotoGP.

Pebalap Pramac Ducati, Jack Miller, saat berlaga di MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Pebalap Pramac Ducati, Jack Miller, saat berlaga di MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Selain Tech3, tim satelit yang tampil kompetitif pada musim lalu adalah Pramac Ducati dan Petronas Yamaha. Ketiga tim satelit ini diyakini juga akan tampil kompetitif pada MotoGP 2021.

Tech3 kedatangan Danilo Petrucci, Pramac memiliki Johann Zarco dan Jorge Martin, lalu Petronas memiliki Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.