Cara Aman Poles Lampu Mobil, Kalau Salah Justru Bikin Buram

Kompas.com - 15/02/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi proses pembersihan mika lampu mobil carsales.com.auIlustrasi proses pembersihan mika lampu mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan, lampu utama atau headlamp jadi komponen yang berperan penting menjaga visibilitas tetap baik selama berkendara, terutama di malam hari. Jangan sampai lampu mobil tidak bisa menembus hujan atau bahkan kabut karena masalah sepele.

Salah satu menjaga lampu utama tetap terang dan punya intensitas cahaya yang baik adalah dengan membersihkan mika lampu.

Andre, pemilik Nurmaras Autolamp di daerah Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, mika lampu berperan meneruskan pancaran cahaya lampu.

Baca juga: Estimasi Harga Hatchback dan Sedan Usai Dapat Relaksasi PPnBM 0 Persen

Berkendara di musim hujanKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Berkendara di musim hujan

Oleh sebab itu, kebersihan mika lampu harus dijaga. Jangan sampai mika lampu kusam atau buram, karena bisa mengurangi pendaran headlamp.

Mika lampu yang kusam banyak penyebabnya. Mulai dari sering dijemur di luar, sampai karena salah penanganan,” ujar Andre, kepada Kompas.com (11/2/2021).

Menurut Andre, untuk membersihkan mika lampu sebaiknya tidak menggunakan cairan poles atau obat-obatan sembarangan.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Punya Dua Mesin, Harga Dasar di Bawah Rp 200 Juta

Ilustrasi bersihkan mika lampu mobilDok. Andre Nurmaras Ilustrasi bersihkan mika lampu mobil

Karena metode pembersihan tersebut justru bisa menghilangkan pernis bawaan yang sudah melekat pada mika lampu.

“Kalau mika sudah menguning atau ada baret halus, sekarang sudah ada teknologinya. Kalau kita pakai nano burn coating headlamp,” ucap Andre.

“Pertama-tama kita hilangkan dulu kusam sama retak seribunya. Setelah dihilangkan, nanti finishing pakai cairan nano. Cara pakainya dipanaskan dan diberi uap, nanti dia bisa bening dan bersih lagi seperti baru,” tuturnya.

Baca juga: Kemenkeu Setuju, Ini Alasan Mobil di Bawah 1.500 cc Dapat Diskon Pajak

Ilustrasi bersihkan Mika lampu mobil.Dok. Andre Nurmaras Ilustrasi bersihkan Mika lampu mobil.

Andre menambahkan, biasanya mobil-mobil usia lima tahun ke atas mulai mengidap penyakit mika lampu yang menguning.

“Untuk nano burn berada di kisaran Rp 600.000 sepasang untuk mobil Jepang. Kalau mobil Eropa ada biaya tambahan untuk biaya bongkar pasang, totalnya jadi Rp 1 juta sepasang,” kata Andre.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X