Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Kaget Ada Lubang Baru di Jalan, Jangan Rem Mendadak

Kompas.com - 11/02/2021, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guyuran hujan apalagi jika menggenang bisa membuat permukaan jalan terkelupas. Tak heran di musim penghujan biasanya muncul lubang baru di jalan raya.

Kondisi ini berbahaya buat pengendara motor. Sebab jika tidak hati-hati pemotor bisa kehilangan kestabilan dan terjatuh.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, jika ada lubang di jalan dan tidak mampu menghindar maka jangan mengerem mendadak.

Baca juga: Motor Lewati Jalan Licin, Perlukah Kurangi Tekanan Udara Ban?

"Apabila tiba-tiba melihat lubang yang ada di depan kita maka sebaiknya jangan mengerem mendadak karena selain membahayakan diri kita juga membahayakan kendaraan lain," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.

Alasannya kata Agus, mengerem mendadak bisa membuat terjadinya tabrak belakang karena pengendara di belakang tidak siap.

Maka yang perlu dilakukan ialah terabas saja lubangnya sambil menurunkan kecepatan. Jangan mengerem keras atau melakukan manuver pindah jalur yang mengagetkan pengendara lain.

"Jadi antisipasinya adalah dengan menutup gas lalu sedikit gunakan rem belakang dan terabas lubang tersebut dengan posisi pinggul kita agak sedikit berdiri seperti offroad," katanya.

"Agar kondisi badan tetap stabil, dan pergelangan tangan harus kuat dalam memegang setang motor," kata Agus.

Baca juga: Dyandra Gelar IIMS Virtual Dua Fase, Puncaknya IIMS Hybrid

Aparat kepolisian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menutup jalan berlubang yang mengakibatkan seorang pengendara wanita tewas. Sabtu, (1/2/2020).KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T. Aparat kepolisian di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menutup jalan berlubang yang mengakibatkan seorang pengendara wanita tewas. Sabtu, (1/2/2020).

Tapi lebih dari itu kata Agus, hal pertama yang mesti dijaga ialah pandangan. Terutama saat sedang berkendara.

"Ketika berkendara yang paling penting adalah tujuh postur dalam berkendara aman, salah satunya pandangan mata, jika pandangan mata kita dapat melihat jauh ke depan maka otomatis setiap potensi bahaya yang ada di depan kita dapat kita antisipasi dengan baik," katanya.

"Pandangan mata saat berkendara harus selalu melihat ke depan agar kita dapat mengantisipasi dan lebih siap apabila ada jalan yang dianggap berbahaya," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com