Harapan Adanya Layanan Bus Buy The Service di Klaten dengan Adanya KRL

Kompas.com - 09/02/2021, 18:01 WIB
Layanan Teman Bus dengan basis Buy The Service resmi beroperasi di Solo KemenubLayanan Teman Bus dengan basis Buy The Service resmi beroperasi di Solo

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan KRL dengan trayek Yogyakarta-Solo akan mulai beroperasi pada Rabu (10/2/2021). Adanya KRL ini bisa meningkatkan jumlah turis lokal ke daerah Yogyakarta, Klaten dan Solo.

Berbeda dari Yogyakarta dan Solo yang memiliki bus perkotaan seperti Trans Yogya dan Batik Solo Trans, Klaten belum memilikinya. Padahal wisata pedesaan dan kuliner di Kabupaten Klaten cukup pesat perkembangannya akhir-akhir ini.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, ada enam stasiun di Kabupaten Klaten yang dilewati oleh KRL ini. Ke enam stasiun itu terakses dengan jaringan angkutan pedesaan.

Baca juga: Ban Pecah dan Pelek Rusak karena Lubang di Tol, Ini yang Harus Dilakukan

KRL Solo-Jogja.KOMPAS.com/Arimbihp KRL Solo-Jogja.

“Sayangnya, sekarang angkutan pedesaan di Klaten mati suri dan bahkan sulit untuk bangkit kembali tanpa ada pertolongan dari pemerintah,” ucap Djoko dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (9/2/2021).

Informasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, sekitar 200 armada yang terdaftar beroperasi. Namun yang beroperasi setiap hari sudah tidak sampai 10-20 persen dibanding 10 tahun lalu.

Baca juga: Intip Spesifikasi Pajero Sport Facelift yang Rilis Minggu Depan

“Pengusaha angkutan pedesaan di Klaten tidak tertarik. Untuk itu pemerintah perlu memikirkan adanya skema pembelian layanan atau buy the service untuk angkutan umum pedesaan, seperti halnya yang sudah berlangsung untuk angkutan umum perkotaan,” kata Joko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X