Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Hayabusa Model Baru Meluncur, Lebih Canggih

Kompas.com - 07/02/2021, 09:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Hayabusa model 2021 resmi diperkenalkan. Hayabusa generasi ketiga ini menjadi senjata andalan baru Suzuki di segmen hyperbike.

Dari luar sekilas mungkin tidak banyak ubahan yang terlihat. Tapi Suzuki menyebut sisi aerodinamika didesain ulang, membuatnya jadi motor jalan raya dengan koefisien drag terbaik.

Baca juga: Cek Daftar Harga Honda PCX 160 dan Rival-rival Sekelasnya

Suzuki Hayabusa Foto: Paultan Suzuki Hayabusa

Dari depan desainnya masih menonjolkan Ram Air Direct (SRAD) diapit oleh DRL LED. Tapi kalau ditelisik desainnya lebih lurus dan lebih tajam dari sebelumnya.

Adapun bagian buritan mengalami ubahan dari model sebelumnya, terutama di lampu belakang. Modelnya lebih futuristik ketimbang yang lama.

Mesinnya 1.340cc 4-silinder segaris. Menghasilkan 187 tk pada 9.700 rpm dan torsi 150 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga disalurkan pakai transmisi manual 6 percepatan.

Mesin baru ini lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya. Suzuki membuat piston dan setang piston lebih kuat tapi juga ringan.

Hayabusa 2021 menggunakan IMU 6-axis, tersedia juga fitur dengan cornering ABS Pengereman mengandalkan Brembo kaliper empat piston menjepit cakram berdiameter 320 mm.

Baca juga: Mesin Motor Mati Usai Terjang Banjir, Jangan Langsung Dinyalakan

Suzuki HayabusaFoto: Paultan Suzuki Hayabusa

Motor juga sudah dilengkapi fitur quickshifter, Ride-by-wire, kontrol traksi, anti wheelie, mode pengereman dan suspensi semi-elektronik bernama Suzuki Intelligent Ride Systems (SIRS).

Suzuki Hayabusa 2021 punya tiga varian warna yaitu Glass Sparkle Black & Candy Burnt Gold, Metallic Matte Sword Silver & Candy Daring Red dan Pearl Brilliant White & Metallic Matte Stellar Blue.

Eropa menjadi pasar pertama untuk peluncuran motor baru. Menyusul kemudian Amerika Serikat dan pasar lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com