Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Harga PCX 160 di Indonesia Bisa Lebih Murah dari Thailand?

Kompas.com - 07/02/2021, 08:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX 160 resmi meluncur di Indonesia. Skutik gambot yang sudah meluncur di Jepang dan Thailand kini hadir di Tanah Air.

Di Indonesia, harga Honda PCX 160 tipe CBS dibanderol Rp 30.350.000 sedangkan tipe ABS Rp 33.950.000. Keduanya on the road (OTR) Jakarta.

Baca juga: Cek Daftar Harga Honda PCX 160 dan Rival-rival Sekelasnya

Aksesori resmi Honda PCX 160Dok. AHM Aksesori resmi Honda PCX 160

Harga ini jauh lebih murah ketimbang di Jepang dan Thailand. Di Jepang banderol PCX 160 sekitar Rp 55 juta sedangkan di Thailand mulai Rp 42,5 jutaan.

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, mengatakan, tiap negara punya strategi sendiri dalam penetapan harga.

"Masing-masing punya strategi berbeda. Kita fokus bagaimana bisa memenuhi kebutuhan konsumen, tentu juga pasar skutik premium di 150 cc," kata Thomas saat peluncuran daring, Jumat 5/2/2021).

Baca juga: Mesin eSP+ 160 cc Berpeluang Dipakai Vario 150 dan ADV 150

All New Honda PCX 160Foto: AHM All New Honda PCX 160

Thomas mengatakan, Honda PCX 160 diproduksi di pabrik AHM di Sunter, Jakarta Utara. Spesifikasinya sama dengan yang dijual di Jepang dan Thailand.

"Maka kami seting harganya di Rp 30 jutaan, kemudian di Rp 33 juta untuk ABS dan Rp 43 juta yang tipe hybrid," katanya.

"Kalau di negara lain tentu punya strategi yang berbeda, kemudian ada beberapa perbedaan mungkin di masalah kurs, kami tidak tahu yang lain," kata Thomas.

Fitur Baru

Skuter matik (skutik) premium ini sekarang makin sarat fitur dibandingkan generasi sebelumnya.

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

PCX 160 tetap dibekali dengan panel meter full digital yang informatif, pilihan rem ABS, power outlet, dan smart key system atau teknologi keyless.

Baca juga: Daftar Aksesori Resmi Honda PCX 160, Harga Mulai Rp 50.000

Salah satu fitur terbarunya adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau dikenal juga dengan kontrol traksi. Fitur ini juga ada pada Honda Forza.

Jumpei Omori, Large Project Leader Honda Motor Co. Ltd., mengatakan, HSTC baru diadopsi untuk memberikan rasa aman di permukaan jalan yang mudah selip.

"HSTC mengontrol torsi mesin dengan mengontrol jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan laju selip roda belakang dan bukaan katup throttle, sehingga menekan selip roda belakang," ujar Omori, dalam presentasinya.

Kapasitas bagasi juga meluas, jika sebelumnya hanya 28 liter. Di PCX 160 ini, kapasitas bagasi yang ada di bawah joknya menjadi 30 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com