Kenali Fungsi Rongga Grill Mobil, Bukan Hanya Aksesori

Kompas.com - 04/02/2021, 19:11 WIB
Ilustrasi BMW iX1 bmwblog.comIlustrasi BMW iX1
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan eksterior mobil menjadi nilai tersendiri untuk menarik para konsumen pada pandangan pertama. Terlebih, bila kendaraan terkait memiliki sentuhan menarik.

Hal tersebut biasanya dapat ditemukan pada bagian depan mobil seperti grill yang berupa rongga membentuk wajah. Bahkan beberapa pabrikan telah membenamkan ciri khas melalui sektor ini.

Tetapi, tahukah Anda bahwa grill bukan hanya sebagai pemanis alias aksesori pemanis pada tampang depan mobil?

Sejatinya, grill punya fungsi penting sebagai sirkulasi udara untuk mendinginkan mesin.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Serta Plus Minus Sasis Ladder Frame dan Monokok

Test Drive Daihatsu Terios di Padang.Istimewa Test Drive Daihatsu Terios di Padang.

"Bila dilihat detil, grill itu memiliki rongga-rongga yang berguna untuk mendinginkan kisi-kisi radiator. Sehingga, suhu ideal mesin bisa terjaga secara optimal," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi kepada Kompas.com.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana diketahui, mesin pada mobil memiliki temperatur panas yang cukup tinggi. Sehingga, dibutuhkan pendinginan baik dari dalam maupun luar (udara langsung).

Jika bagian tersebut dihilangkan, lanjut dia, maka mobil bakal sering mengalami overheat di samping tingkat konsumsi bahan bakar yang boros.

"Itu karena tidak ada saluran udara dan aerodinamika yang baik. Jadi, berpengaruh terhadap beban kerja di mesin juga yang pada akhirnya sejalan terhadap konsumsi bahan bakar," papar Bambang.

Baca juga: Puluhan Kendaraan Kena Razia Parkir, Ingat Lagi Aturan Parkir di Jalan

VW Tiguan AllspaceKOMPAS.COM/STANLY RAVEL VW Tiguan Allspace

"Pada beberapa kasus, ada pemilik mobil yang menutup gril dengan spanduk acara tertentu. Padahal, tindakan ini bisa menghambat aliran udara dan efek terburuknya mobil akan mengalami overheating," jelas dia lagi.

Fungsi lain dari gril selain sebagai saluran udara, juga penambah estetika. Beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan bentuk gril mereka, karena sudah menjadi hal yang ikonik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X